STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN MAJAPAHIT SYARIAH HOMESTAY DI KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI

gintan, muhammad (2024) STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN MAJAPAHIT SYARIAH HOMESTAY DI KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Gintan Mohammad Sholeh _E20182288 - watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Industri penginapan merupakan suatu aspek yang mempunyai peranan penting pada sektor pariwisata, Homestay adalah salah satu penyedia jasa akomodasi bagi pariwisatawan yang sedang berkunjung atau menikmati liburan hal ini juga tidak dapat dihindari dari perkembangan hotel yang cukup pesat di Indonesia, industri Homestay berloma-lomba untuk menyajikan akomodasi pelayanan yang terbaik dan lengkap untuk menunjang wisatawan yang datang untuk menginap dan menumbuhkan tingkat persaingan semakin tinggi, kondisi seperti ini akan memberikan kehawatiran bagi pengusaha maka perlu adanya sebuah manajemen atau strategi pemasaran yang baik.
Fokus Peneltitan: 1) Bagaimana strategi manajemen pemasaran Majapahit syariah homestay di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi?, 2) Bagaimana Tantangan dan Hambatan Strategi manajemen pemasaran majapahit syariah homestay di Kecamatan Banyuwangi kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen pemasaran yang diterapkan pada hotel majapahit syariah homestay di kabupaten banyuwangi. 2) Untuk mengetahui bagaimana Tantangan dan Hambatan Strategi Manajemen pemasaran majapahit syariah homestay di kabupaten banyuwangi.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan l. Majapahit No.30, Taman Baru, Pusat Kota, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil Penelitian : 1) Strategi manajemen pemasaran Majapahit Syariah Homestay diketahui bahwa Strategi manajemen pemasaran meliputi penggunaan konsep syariah dengan fasilitas kamar, fasilitas Homestay serta menyelaraskan setiap Produk Makanan dan minuman serta pelayanan berdasarkan tata cara agama Islam serta adanya sistem potongan harga dengan member card dengan persyaratan tertentu dan tarif yang dipasang bersifat fleksibel atau dapat dinegosiasi dengan tujuan untuk mendapatkan harga yang disepakati. 2) Tantangan dan Hambatan Strategi Manajemen Pemasaran Majapahit Syariah Homestay diantaranya; persaingan pelayanan dan fokus kepada deferensiasi sosial kepada Masyarakat serta anggaran yang terbatas maka perlu adanya pendekatan pemasaran yaitu membangun nilai-nilai syariah dengan memberikan pelayanan yang baik. pemberia promosi dan paket penginapan juga dilakuakn untuk menarik minat konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Pemasaran, Homestay
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Gintan Muhammad Sholeh
Date Deposited: 15 May 2024 04:09
Last Modified: 15 May 2024 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item View Item