Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan Koperasi Syariah BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Berdasarkan PSAK 101

Sulfiyah, Lilis Arina and Putri, Nadia Azalia (2024) Evaluasi Penyajian Laporan Keuangan Koperasi Syariah BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Berdasarkan PSAK 101. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LILIS ARINA SULFIYAH_E20193050 Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Koperasi syariah merupakan badan usaha koperasi yang menjalankan aktivitas usahanya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Al-Qur’an telah menerangkan bahwa setiap transaksi harus dicatat. Sebagai koperasi yang berbasis syariah, maka perlu adanya penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan entitas syariah yaitu Pernyataan Standar Akuntansi Syariah (PSAK) 101 yang menetapkan dasar penyajian laporan keuangan untuk entitas syariah yang biasanya disebut dengan laporan keuangan. PSAK 101 mengatur persyaratan penyajian laporan keuangan, struktur laporan keuangan, dan persyaratan minimal isi laporan keuangan.
Fokus masalah penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu bagaimana penyajian laporan keuangan pada koperasi syariah BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates menurut PSAK 101?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyajian laporan keuangan pada koperasi syariah BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates menurut PSAK 101.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu jenis metode pendekatan yang digunakan untuk meneliti kehidupan sosial, natural, dan alamiah. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberi deskripsi atau gambaran secara sistematis. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ketentuan penyajian laporan keuangan atas Pendapatan dan Beban pada koperasi syariah BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates masih menggunakan sistem komputerisasi yang berpedoman pada mikro data yang telah ditetapkan pusat. Selain itu, BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates juga hanya menyajikan 3 komponen laporan keuangan, yaitu neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.
Kata Kunci: Penyajian Laporan Keuangan, Koperasi Syariah, PSAK 101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Lilis Arina Sulfiyah
Date Deposited: 20 May 2024 02:47
Last Modified: 20 May 2024 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32693

Actions (login required)

View Item View Item