POTENSI E-COMMERCE SEBAGAI EKONOMI DIGITAL DALAM PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember)

Feni, Aulia Rizky (2024) POTENSI E-COMMERCE SEBAGAI EKONOMI DIGITAL DALAM PERTUMBUHAN PEREKONOMIAN (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FENI AULIA RIZKY_204105020120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan industri tidak lepas dari perkembangan teknologi khususnya
teknologi digital. Para pelaku usaha mulai dari industri dengan skala besar hingga
skala yang paling kecil seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat
ini dituntut untuk bisa mengoptimalkan teknologi digital dalam setiap aktivitas
usaha. Pemanfaatan digital telah membuka ruang usaha baru bagi Pelaku usaha
UMKM, sehingga perlu untuk meng-upgrade memasarkan produknya secara
digital guna mempertahankan keberlangsungan usahanya.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana potensi e-commerce
sebagai ekonomi digital dalam pertumbuhan perekonomian UMKM di Kecamatan
Kaliwates, Kabupaten Jember 2). Bagaimana dampak penerapan e-commerce
pada UMKM di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan potensi e-commerce sebagai ekonomi digital dalam pertumbuhan
perekonomian UMKM di Kecamatan Kaliwates, 2) Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan dampak penerapan e-commerce pada UMKM di Kecamatan
Kaliwates.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Dalam
menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu
pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi
mengenai permasalahan yang hendak diteliti. Sedangkan untuk teknik
pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yaitu 1). E-commerce sebagai ekonomi digital dalam
pertumbuhan perekonomian UMKM di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.
Bertambahnya pengguna e-commerce meningkatkan aktivitas dalam berbelanja
online hal tersebut membuat sektor ekonomi digital mengalami pertumbuhan
ekonomi. Pendapatan pelaku UMKM di Kecamatan Kaliwates setelah
menggunakan e-commerce mengalami peningkatan sebanyak 24,5 persen
dibandingkan sebelum menggunakan e-commerce.
2). Dampak dari penggunaan e-commerce pada UMKM di Kecamatan
Kaliwates yang pertama yaitu memperluas jangkauan pemasaran serta
mempermudah dalam memperoleh konsumen. Dampak kedua yaitu transaksi
yang mudah, karena fitur yang terdapat di e-commerce sangat mudah untuk
digunakan sehingga proses jual beli menjadi praktis dan efisien. Kata kunci: E-Commerce, Ekonomi Digital, Pertumbuhan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Feni Aulia Rizky
Date Deposited: 20 May 2024 01:45
Last Modified: 20 May 2024 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32694

Actions (login required)

View Item View Item