Pengaruh Keadilan, Kejujuran, Keramahan Pedagang Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pasar Baru Lumajang)

Izdihar, Nada (2024) Pengaruh Keadilan, Kejujuran, Keramahan Pedagang Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pasar Baru Lumajang). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-098-ES-2024)
SKRIPSI NEW PRINT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Untuk mencapai kesuksesan suatu bisnis diperlukan teknik-teknik untuk menarik konsumen. Salah satunya yaitu dengan etika bisnis, karena etika dipandang sebagai sebuah tuntutan dalam membuat keputusan dalam hal bisnis. Etika bisnis yang dicantumkan dalam penelitian ini meliputi keadilan dalam menimbang, jujur dalam menjelaskan kondisi barang, serta ramah tamah dalam melayani konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Adakah pengaruh penerapan konsep keadilan terhadap minat beli konsumen, 2). Adakah pengaruh penerapan konsep kejujuran terhadap minat beli konsumen, 3). Adakah pengaruh penerapan konsep keramahan terhadap minat beli konsumen, dan 4) Adakah pengaruh secara bersama penerapan konsep keadilan, kejujuran, dan keramahan terhadap minat beli konsumen. Jenis penelitian yaitu Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksplanatif. Sampel yang diambil dalam penelitan ini yaitu sebesar 97 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka sedangkan analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan IBM Statistic 25. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji t) variabel keadilan tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen, karena nilai t hitung < t tabel (1,718 < 1,986) atau sig t (0,0> 0,0589), variabel kejujuran tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, karena nilai t hitung < t tabel (0,012 < 1,986) atau sig t (0,990 > 0,05), variabel keramahan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen karena nilai t hitung > t tabel (3,847 > 1,986) atau sig t (0,001 < 0,05). Sedangkan secara simultan (uji F) variabel keadilan, kejujuran dan keramahan berpengaruh secara simultan terhadap minat beli konsumen di pasar Baru Lumajang karena F hitung > F tabel (10,768 > 2,70).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: nada iz dihar
Date Deposited: 20 May 2024 06:35
Last Modified: 11 Jul 2024 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32709

Actions (login required)

View Item View Item