PENERAPAN AKUNTANSI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA KOPERASI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL MIDAD SUMBEREJO KABUPATEN LUMAJANG)

Erma, Eva Lutfiana (2024) PENERAPAN AKUNTANSI PONDOK PESANTREN (STUDI PADA KOPERASI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL MIDAD SUMBEREJO KABUPATEN LUMAJANG). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-042-AKSYA-2024)
Skripsi Erma Eva Lutfiana nim. 201105030017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Ikatan Akuntan Indonesia bekerja sama dengan Bank Indonesia telah mengembangkan Pedoman Akuntansi Pesantren dengan tujuan untuk memberdayakan perekonomian di pondok pesantren. Pedoman ini bertujuan agar pondok pesantren dapat menyusun laporan keuangan yang memenuhi standar akuntansi yang berlaku.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan akuntansi pada Koperasi Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Kabupaten Lumajang dalam mencatat dan mengelola keuangan? (2) Sejauh mana laporan keuangan Koperasi dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan tentang keuangan koperasi? (3) Apa saja potensi perbaikan yang dapat dilakukan dalam penerapan akuntansi guna meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan dan transparansi informasi keuangan? (4) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan akuntansi?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan akuntansi pada Koperasi Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Kabupaten Lumajang dalam mencatat dan mengelola keuangan (2) Untuk mengetahui sejauh mana laporan keuangan Koperasi dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan tentang keuangan koperasi (3) Untuk mengetahui potensi perbaikan yang dapat dilakukan dalam penerapan akuntansi guna meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan dan transparansii informasi keuangan (4) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan akuntansi pada Koperasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik triangulasi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Koperasi Pondok Pesantren Miftahul Midad Sumberejo Kabupaten Lumajang belum sepenuhnya menerapkan Pedoman Akuntansi Pesantren. Pencatatan yang dilakukan koperasi masih sederhana dengan mencatat penerimaan kas, pengeluaran kas, dan akulumasi beban penyusutan. Kendala yang menyebabkan tidak terlaksananya pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan Pedoman Akuntansi Pesantren yaitu kurangnya pengetahuan manager mengenai Pedoman Akuntansi Pesantren, faktor pendidikan, belum adanya tenaga akuntansi yang profesional yang memahami pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar.
Kata Kunci: Pedoman Akuntansi Pesantren, Laporan Keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Erma Eva Lutfiana
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:19
Last Modified: 04 Jul 2024 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32711

Actions (login required)

View Item View Item