Korelasi Pemahaman Materi Psikotropika Dengan Perilaku Menjaga Kesehatan Diri Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.

Al gholi, Moh. hilbal hisan (2024) Korelasi Pemahaman Materi Psikotropika Dengan Perilaku Menjaga Kesehatan Diri Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-005-TADRIS-BIO-2024)
SKRIPSI Moh. Hilbal Hisan Al Gholi T20198039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan terkait dengan perilaku menjaga kesehatan diri saat ini masih menjadi hal yang harus diperhatikan. Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 3 Jember didapatkan masih ada beberapa siswa yang tidak menerapkan perilaku menjaga kesehatan untuk dirinya di kemudian hari. Kesehatan menurut undang-undang Republik Indonesia No. 36 tahun 2009 adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Akan tetapi, hal tersebut masih kurang dipahami dan disadari oleh masing-masing individu terkait pentingnya menjaga kesehatan diri dari penggunaan psikotropika.
Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan pemahaman materi psikotropika kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. 2) Mendeskripsikan perilaku menjaga kesehatan diri siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. 3) Mengetahui korelasi pemahaman materi psikotropika dengan perilaku menjaga kesehatan diri siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Jember yang berjumlah 125 responden. Adapun sampel yang diambil berjumlah 95 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa nilai post-test siswa pada variabel X (pemahaman materi psikotropika) dan angket tertutup dengan skala Likert pada variabel Y (perilaku menjaga kesehatan diri). Analisis datanya menggunakan uji korelasi Product moment.
Berdasarkan analisis data penelitian, menunjukkan pemahaman siswa kelas XI tentang materi psikotropika masuk dalam kategori baik dan cukup dengan presentase sebesar 41%, sedangkan perilaku menjaga kesehatan diri masuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 63%. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan antara pemahaman materi psikotropika dengan perilaku kesehatan diri siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Hal tersebut bisa diketahui dari perolehan nilai signifikansi 0,418 > 0,05 yang artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Sedangkan untuk tingkat keeratan hubungannya tergolong dalam hubungan yang “Sangat Lemah” berdasarkan perolehan nilai koefisien korelasi yakni sebesar 0,084. kata kunci: Pemahaman, psikotropika, perilaku menjaga kesehatan diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: moh. hilbal hisan al gholi
Date Deposited: 21 May 2024 03:39
Last Modified: 04 Jul 2024 05:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32733

Actions (login required)

View Item View Item