Pengaruh penerapan problem Based Learning berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS 17 Agustus 1945 Cluring Kabupaten Banyuwangi

Wulandari, Yusnita (2024) Pengaruh penerapan problem Based Learning berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS 17 Agustus 1945 Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-PAI-2024)
SKRIPSI YUSNITA 2024 WATERMARK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa diakibatkan oleh pemilihan dari metode atau model pembelajaran yang kurang tepat dan kurangnya pemanfaatan media yang ada. Hal tersebut berakibat kepada siswa yang menjadi bosan dan malas untuk berpikir karena materi yang disajikan hanya pada buku saja. Pembelajaran yang mengaktifkan siswa berperan aktif mampu meningkatkan kesadaran berpikir kritis siswa. Selain kesadaran berpikir kritis yang dikembangkan, hasil belajar siswa juga dapat meningkat. Adapun model dan media pembelajaran yang dilakukan yaitu model pembelajara PBL dengan bantuan aplikasi Quizizz.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PAI di SMKS 17 1945 Cluring?. Sedangkan untuk tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PAI di SMKS 17 1945 Cluring.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs dengan menggunakan desain penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket atau kuisioner. Tes digunakan sebagai instrument untuk mendapatkan data terkait kemampuan berpikir kritis dan kusioner sebagai instrumen untuk mendapatkan data terkait penerapan model pembelajaran PBL berbantuan aplikasi quizizz yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X AK SMKS 17 Agustus 1945 Cluring, dan sampel diambil dari seluruh siswa kelas X AK yang berjumlah 36 siswa.
Berdasarkan perhitungan dari hasil angket dengan teknik analisis regresi sederhana menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan besar pengaruh 38,6% sedangkan 61,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan aplikasi quizizz berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X AK di SMKS 17 Agustus 1945 Cluring Kabupaten Banyuwangi.
Yusnita Wulandari, 2023. "Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKS 17 Agustus 1945 Cluring
Kabupaten Banyuwangi".
Kata Kunci: PBL, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: yusnita wulandari
Date Deposited: 21 May 2024 03:01
Last Modified: 01 Jul 2024 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32738

Actions (login required)

View Item View Item