Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Tatzaka (Studi Pada Rumah Industri Tatzaka Banyuwangi)

Fitri Adista, Vina Dwi (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Tatzaka (Studi Pada Rumah Industri Tatzaka Banyuwangi). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
VINA DWI FITRI ADISTA 204105020103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi pemasaran juga dapat diartikan sebagai rangkaian upaya atau rencana keseluruhan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yaitu memuaskan konsumen.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh rumah industri produk batik Tatzaka dalam meningkatkan penjualan? 2) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk batik di rumah industri Tatzaka?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh rumah industri produk batik Tatzaka dalam meningkatkan penjualan. 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan produk batik di rumah industri Tatzaka.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Industri Batik Tatzaka untuk meningkatkan penjualan produknya adalah menggunakan strategi marketing mix 4P, yang mana strategi tersebut memanfaatkan strategi produk, harga, lokasi, dan promosi. Upaya yang dilakukan Rumah Industri Batik Tatzaka dalam meningkatkan penjualnnya adalah dengan menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah yang ada di Banyuwangi, selain itu Tatzaka juga kerap kali mengikuti festival ataupun event yang ada di Banywangi, upaya lain yang dilakukan Tatzaka adalah dengan menjadi sponsorship acara atau event yang ada di Banyuwangi, serta menggunakan E-commerce yaitu Shopee untuk mempermudah konsumen yang berada di luar kota untuk membeli produk batik Tatzaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Penjualan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Vina Dwi Fitri Adista
Date Deposited: 21 May 2024 03:46
Last Modified: 21 May 2024 03:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32739

Actions (login required)

View Item View Item