Penerapan metode pembelajaran team QUIZ dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih di madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2023/2024

Taufiqurrohman, Muhammad (2024) Penerapan metode pembelajaran team QUIZ dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih di madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK- 029 - PGMI - 2024)
Skripsi-Muhammad Taufiqurrohman-T20174093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum adalah salah satu lembaga pendidikan yang sangat menjunjung keberhasilan pembelajaran, usaha kearah tersebut sudah dilakukan oleh pihak sekolah, seperti pemenuhan sarana dan prasarana, media pembelajaran, guru yang profesional, serta komponen lain yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan yang dijalankan, dengan harapan akan mampu menciptakan manajemen pembelajran dengan baik, yang pada ujungnya akan menjadikan sekolah yang berkualitas. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak permasalahan-permasalahan yang muncul di sekolah ini, salah satunya dalam pembelajaran Fiqih. Dengan hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sebagian siswa merasa jenuh, kurang antusias, kurang semangat, kurang berpartisipasi aktif di dalam pembelajaran, dan siswa kurang memahami terhadap materi pembelajaran Fiqih, hal ini berdasarkan nilai hasil ulangan siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum.
Adapun Fokus Penelitian ini adalah: 1.Bagaimana penerapan metode pembelajaran Team Quiz dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ? 2. Apakah faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran Team Quiz dengan bantuan media audio visual belajar pada mata pelajaran Fiqih Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Langkap Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?.
Untuk menidentifikafikasi permasalahan tersebut Pendekatan Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena proses penggalian data melalui aktifitas terjun langsung ke lapangan dan makna (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data adalah : 1. Observasi, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1. Penerapan metode pembelajaran Team Quiz dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum sudah dilaksanakan dan diterapkan dengan baik, dengan adanya (RPP) yang sudah disiapkan sebelumnya oleh pendidik yang didalamnya terdapat sintak pembelajaran Team Quiz dengan bantuan media audio visual tetapi, pelaksanaannya disesuaikan dengan materi yang disampaikan. 2. Faktor pendukung dan penghambat metode pembelajaran Team Quiz dengan bantuan media audio visual pada mata pelajaran Fiqih Siswa Kelas 5 di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum adalah berasal dari faktor internal yaitu faktor yang berada pada diri siswa baik kondisi fisiologis maupun kondisi psikologisnya seperti antusias siswa, partisipasi aktif siswa, pemahaman terhadap materi dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa, yaitu seperti lingkungan, sarana prasarana, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Man Muhammad Taufiqurrohman
Date Deposited: 21 May 2024 03:23
Last Modified: 03 Jul 2024 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32740

Actions (login required)

View Item View Item