Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Transportasi KA Probowangi Pada PT. KAI (Persero) Daop IX Jember. Studi Stasiun Rambipuji

Rizki, Muhammad (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa Transportasi KA Probowangi Pada PT. KAI (Persero) Daop IX Jember. Studi Stasiun Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-029-ES-2024)
SKRIPSI Muhammad Rizki fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Rizki, Suprianik, S.E., M.Si 2024: Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas pengguna Jasa Transportasi KA
Probowangi. Pada PT. KAI Daop IX Jember. Studi Stasiun Rambipuji.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Loyalitas Pengguna
Dunia bisnis jasa transportasi saat ini terjadi persaingan yang sangat
kompetitif. Persaingan yang kompetitif ini dikarenakan semakin beragamnya
perusahaan yang beroperasi di bidang transportasi seperti Kereta Api, Pesawat,
Busway, Go-Jek, Grab, Travel, Taxi dan lain sebagainya yang memaksa
perusahaan untuk terus memperbaiki kulitas jasa dan pelayanannya agar tetap bisa
bertahan dalam persaingan pasar. Oleh karena itu, kunci utama untuk menjadi
perusahaan yang lebih unggul adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada
para konsumen. Survive suatu perusahaan jasa transportasi saat ini ditentukan oleh
kemampuan perusahaan itu.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Apakah kualitas
pelayanan berpengararuh terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi Pada PT.
KAI (Persero) Daop IX Jember? 2). Apakah kepuasan konsumen berpengaruh
terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi Pada PT. KAI (Persero) Daop IX
Jember? 3). Apakah kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh
terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi Pada PT. KAI (Persero) Daop IX
Jember?
Tujuan pada penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi. 2). Untuk mengetahui
kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi.
3). Untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen berpengaruh
terhadap loyalitas pengguna KA Probowangi
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal. Teknik penentuan informan atau responden menggunakan
multivariate, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan simple random
sampling dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini adalah 1). Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan
terhadap meningkatkan loyalitas penumpang pada PT KAI (Persero) Daop IX
Jember. 2). Kualitas konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
konsumen pada pengguna jasa transportasi KA Probowangi pada PT. KAI
(Persero) Daop IX Jember. 3). Kepuasan konsumen dan Kualitas pelayanan
berpengaruh secara silmutan terhadap loyalitas konsumen pada pengguna jasa
transportasi KA Probowangi pada PT. KAI (Persero) Daop IX Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Rizki
Date Deposited: 22 May 2024 03:39
Last Modified: 11 Jul 2024 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32749

Actions (login required)

View Item View Item