Pengaruh Biaya Peoduksi, Biaya Promosi Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2023

Diyana, Ismatud (2024) Pengaruh Biaya Peoduksi, Biaya Promosi Dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-015-AKSYA-2024)
ISMATUD DIYANA_E20193061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ismatud Diyana, Nurul Setianingrum 2024: Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2022
Kata Kunci: Laba, Biaya produksi, Promosi, Penjualan,
Laba merupakan salah satu informasi keuangan yang menarik perhatian bagi investor. Kemampuan menghasilkan laba yang maksimal pada suatu perusahaan sangat penting karena pada dasarnya pihak-pihak yang berkepentingan, seperti investor dan kreditur mengukur keberhasilan perusahaan berdasarkan kemampuan perushaan yang terlihat dari kinerja manajemen dalam menghasilkan laba dimasa yang akan dating. Untuk mendaptkan laba yang optimal bukan hal yang mudah, karena laba juga dapat dipengaruhi oleh besarnya modal yang ada baik modal dana sendiri maupun yang berasal dari hutang, dan penjualan yang berjalan yang dapat menjadikan laba besar atau kecil. Biaya produksi merupakan biaya yang berhubungan dengan proses produksi diantaranya termasuk biaya bahan baku tak langsung, tenaga kerja langsung, dan overhand pabrik. dan pada biaya promosi bertujuan untuk biaya pemasaran atau biaya penjualan yang akan dikeluarkan untuk tujuan menjamin pelayanan konsumen dan penyampaikan produk jadi atau jasa ke tangan konsumen langsung. Begitupun juga dengan penjualan yang merupakan omzet barang atau jasa yang dijual, baik dalam unit ataupun rupiah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; 1) Apakah Biaya Promosi Mempengaruhi Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2023? 2) Apakah Biaya Produksi Mempengaruhi Laba Bersih Pada Perushaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2023? 3) Apakah Penjualan Mempengaruhi Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2023? 4) Apakah Biaya Promosi, Biaya Produksi, dan Penjualan Mempengaruhi Laba Bersih Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2023?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis pengaruh biaya produksi, promosi, dan penjualan terhadap laba bersih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2023. Sumber data menggunakan data sekunder. Sampel yang diambil berjumlah 4 perusahaan rokok dalam periode 8 tahun sehingga diperolah 32 jumlah observasi.
Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan regresi linaer berganda dengan menggunakan SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel produksi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap laba bersih, variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, variabel penjualan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap laba bersih. Secara simultan biaya produksi, promosi, penjualan berpengaruh terhadap laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi Ismatud Diyana
Date Deposited: 27 May 2024 02:47
Last Modified: 10 Jul 2024 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32761

Actions (login required)

View Item View Item