Strategi Penjualan Dengan Personal Selling Pada Produk Kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Masruroh, Habibatul (2024) Strategi Penjualan Dengan Personal Selling Pada Produk Kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-124-ES-2024)
Habibatul Masruroh_204105020049.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis yang sengit mendorong perusahaan untuk
mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Melihat hal ini, Bupati Jember menginisiasi berbagai event untuk mendukung UMKM, memberikan peluang kepada mereka untuk memperluas pasar dan berinteraksi langsung dengan konsumen guna meningkatkan pendapatan. Dalam hal ini, pedagang kaki lima di Kecamatan Panti menggunakan strategi penjualan dengan personal selling dalam menjangkau berbagai event untuk berjualan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana penerapan strategi penjualan dengan Personal Selling pada produk kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember?. 2)Bagaimana hambatan-hambatan strategi penjualan dengan Personal Selling pada para pedagang produk kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi penjualan dengan Personal Selling pada produk kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan strategi penjualan dengan
Personal Selling pada pedagang produk kuliner di Kecamatan Panti Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Subyek yang diteliti adalah pedagang kaki lima. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data
dianalisis secara deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan: 1) Penerapan strategi personal selling oleh pedagang kuliner di Kecamatan Panti yaitu dilakukan dengan cara: Mencari konsumen (Prospecting), Menetapkan sasaran (Targeting), Mengomunikasikan (communicating), Menjual (selling), Melayani (servicing), Mengumpulkan informasi (information gathering), Mengalokasikan (allocating). 2) Hambatan yang dihadapi oleh pedagang kuliner di Kecamatan Panti seperti kekurangcocokan produk yang ditawarkan dan masalah pembayaran seperti lupa bayar atau sengaja
tidak bayar.
Kata kunci : strategi penjualan, personal selling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Habibatul Masruroh
Date Deposited: 22 May 2024 08:19
Last Modified: 10 Jul 2024 05:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32774

Actions (login required)

View Item View Item