RIFALDI, MUHAMMAD (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI Achmad siddiq JEMBER.
Text (SK-042-PAI-2024)
MUHAMMAD RIFALDI_203101010003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Muhammad Rifaldi, 2024, strategi pembelajaran kooperatif pada mata
pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan pestasi belajarar di MAN
Bondowoso.
Kata kunci : strategi pembelajaran kooperatif, fikih, prestasi belajar
Pada umumnya pembelajaran fikih dikenal dengan pembelajaran yang
membosankan kerena mayoritas seorang guru mengunakan metode ceramah saat
menyampaikan materi sehinga hal tersebut dapat membuat pesesta didik merasa
bosan saat pembelajaran berlangsung sehinga pembelajaran tidak konsisten, hal
tersebut yang menyebabkan siswa menjadi tidak aktif saat belajar di kelas.
Dengan adanya strategi pembelajaran kooperatif peserta didik tidak lagi bosan
saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas melainkan peserta didik senang saat
pembelajaran sehinga peserta didik menjadi aktif, kreatif dan inovatif saat
pembelajaran belangsung, sehinga tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Perencanaaa strategi pembelajaran
kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan prestasi di
MAN Bondowoso? 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif pada mata
pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso? 3)
Asesmen strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI
untuk meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan
strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI untuk
meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan
strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI untuk
meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso. 3) Untuk mengetahui asesmen
strategi pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI untuk
meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Adapan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis
data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
dan keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini. 1) Perencanaan strategi pembelajaran kooperatif pada
mata pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso,
sebelum melakukan pembelajaran guru membuat perencanaan pembelajaran
berupa modul ajar. 2) Pelaksanaan strategi pembelajaran kooperatif pada mata
pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan prestasi di MAN Bondowoso,
pelaksanaan pembelajaran ada dua kegiatan kegiatan pertama pendahuluan guru
mengucapkan salam, dan berdoa, kegiatan kedua kegiatan inti yaitu memberikan
LK, membagi kelompok, berdikusi dan melakukan presentasi. 3) Asesmen strategi
pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran fikih kelas XI untuk meningkatkan
prestasi di MAN Bondowoso. Ada tiga asesmen yang pertama Asesmen
diagnoktif, kedua asesmen formatif dan ketiga asesmen sumatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MAHASISWA MUHAMMAD RIFALDI MUHAMMAD RIFALDI |
Date Deposited: | 27 May 2024 06:55 |
Last Modified: | 27 May 2024 06:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32780 |
Actions (login required)
View Item |