PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MATH ANXIETY DAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 JEMBER

AINUR, ROHMAH (2024) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP MATH ANXIETY DAN SELF-EFFICACY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-008-TMTK-2024)
AINUR ROHMAH_201101070020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Belajar, Math Anxiety, dan Self-Efficacy
Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu hal yang menjadikan gaya belajar penting diketahui yaitu gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selain berpengaruh terhadap hasil belajar, gaya belajar juga memiliki keterkaitan dengan math anxiety. Namun, penelitian mendalam mengenai gaya belajar dan math anxiety masih sangat minim. Math anxiety juga memiliki hubungan negatif
dengan self-efficacy, namun sumber lain menyebutkan keduanya tidak memiliki hubungan. Hal-hal tersebut yang menjadi dasar penelitian ini dilaksanakan.

Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu: 1) Apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap math anxiety dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember? 2) Apakah terdapat pengaruh gaya belajar terhadap Self-Efficacy dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs
Negeri 1 Jember? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya belajar terhadap math anxiety dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember. 2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya belajar terhadap self-efficacy dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex�post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember yang berjumlah 259 siswa dengan 26 siswa sebagai
sampel. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi ordinal.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: 1) Gaya belajar
mempengaruhi math anxiety sebesar 2,5% dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai p = 0,527 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H଴1 diterima dan Hୟ1 ditolak artinya tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap math anxiety dalam
pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember. 2) Gaya belajar mempengaruhi self-efficacy sebesar 17,2% dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai p = 0,636 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H଴2 diterima dan Hୟ2 ditolak artinya tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap self-efficacy dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010205 Financial Mathematics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ainur Rohmah
Date Deposited: 27 May 2024 06:44
Last Modified: 05 Jul 2024 02:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32785

Actions (login required)

View Item View Item