Implementasi nilai-nilai guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember

Mu'minin, Beni Amirul (2024) Implementasi nilai-nilai guru penggerak dalam mewujudkan merdeka belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BENI AMIRUL MU'MININ_223206030019.pdf

Download (15MB)

Abstract

Mu’minin, Beni Amirul, 2024. Implementasi Nilai-Nilai Guru Penggerak dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Sukarno, M. Si, Pembimbing II: Dr. Nino Indrianto, M. Pd

Kata Kunci: Nilai-nilai Guru Penggerak, Merdeka Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Program pendidikan guru penggerak lahir dalam rangka mensukseskan kebijakan merdeka belajar. Tujuan dari program tersebut yakni untuk melahirkan agen transformasi pendidikan menuju paradigma pembelajaran yang berpihak pada murid melalui implementasi nilai-nilai guru penggerak. Dengan implementasi nilai-nilai guru penggerak tersebut diharapkan mampu mewujudkan merdeka belajar, termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang berperan dalam pembentukan profil pelajar yang beretika dan berakhlak mulia. SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan kebijakan tersebut, dan mempunyai guru penggerak yang memiliki background sebagai guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Fokus penelitian: implementasi nilai-nilai guru penggerak (1) berpihak pada murid, (2) mandiri, (3) reflektif, (4) kolaboratif, (5) inovatif dalam mewujudkan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi dari kelima nilai guru penggerak tersebut dalam mewujudkan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Kencong Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif jenis studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sumber data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian: 1) nilai berpihak pada murid dilakukan dengan melakukan asesmen diagnostik awal, pembelajaran berdiferensiasi, dan program kegiatan pembiasaan dan ekstrakurikuler, 2) nilai mandiri dengan menjalankan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai guru serta berupaya untuk meningkatkan kompetensi dengan aktif mengikuti kegiatan pegembangan diri, 3) nilai reflektif dengan melakukan refleksi di setiap akhir kegiatan, 4) nilai kolaboratif dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik sesama guru ataupun pihak luar sekolah, dan 5) nilai inovatif dengan menciptakan game edukasi, kegiatan tahfidz dan tadarus keliling serta membuat komunitas belajar di Platform Merdeka Mengajar/ PMM Kemdikbud Ristek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Beni Amirul Mu'minin
Date Deposited: 28 May 2024 04:16
Last Modified: 28 May 2024 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32789

Actions (login required)

View Item View Item