Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAS Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi

Hasanah, Eliya Nurul (2024) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAS Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 046 - PAI - 2024)
ELIYA NURUL HASANAH_204101010003..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional, Spiritual
Seorang guru memiliki peran yang sangat besar terhadap keberhasilan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran, tidak hanya itu guru juga memiliki peran yang sangat fundamental dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didiknya, agar setiap peserta didik memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan bertindak dengan baik pada kehidupan sehari-hari. Peran guru Pendidikan agama islam sebagai pendidik, pembimbing dan penasihat yaitu dengan memaksimalkan beberapa program kegiatan agar nantinya dapat membantu proses pengembangan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMAS Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi? (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMAS Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi? (3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai penasihat Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual peserta didik di SMAS Favorit NU Tegaldlimo Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. keabsahan data memakai triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan member check. Tahap penelitiannya meliputi tahap pra penelitian, tahap pelaksanaan lapangan, tahap analisis data.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) peran guru Pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pada kecerdasan emosionalnya yakni dengan menggunakan metode diskusi, membuat rangkuman, sedangkan dalam kecerdasan spiritualnya dengan membiasakan membaca Al-fatihah, membaca do’a sebelum dan sesudah belajar, dan menanamkan kebiasaan mengaji. (2) peran guru Pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pada kecerdasan emosionalnya yakni dengan membiasakan peserta didik untuk mengutamakan etika, rasa empati dan simpati, sedangkan dalam kecerdasan spiritualnya dengan membiasakan untuk rajin beribadah, dan memiliki sikap sopan santun. (3) peran guru Pendidikan agama islam sebagai penasihat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pada kecerdasan emosionalnya yakni sebagai penasihat siswa di kelas, dan melalui pendekatan secara personal, sedangkan pada kecerdasan spiritualnya dengan mengadakan ceramah keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Eliya Nurul Hasanah
Date Deposited: 28 May 2024 01:33
Last Modified: 02 Jul 2024 05:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32796

Actions (login required)

View Item View Item