IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGECAP MENGGUNAKAN PELEPAH PISANG DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK AL HIDAYAH 86 AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Damayanti, Alfina Najma (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGECAP MENGGUNAKAN PELEPAH PISANG DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DI TK AL HIDAYAH 86 AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-008-PIAUD-2024)
Alfina Najma Damayanti_201101050013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Di TK AL HIDAYAH 86 terdapat adanya permasalah mengenai
kreativitas mengecap dimana terlihat banyak anak di TK AL HIDAYAH 86 yang
kemampuan kreativitasnya masih rendah hal ini dapat dilihat dari anak ketika
mengecap tadi bisa sampai keluar dari gambar, seringnya anak meminta bantuan
guru untuk menyelesaikan tugasnya sendiri, guru juga kurang memperkenalkan
bahan alam kepada anak, guru juga jarang memberikan kegiatan mengecap
kreativitas dengan pemanfaatan bahan alam seperti pelepah pisang.
Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi kegiatan
mengecap menggunakan pelepah pisang dalam mengembangkan kreativitas TK
AL HIDAYAH 86 Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?.
Tujuan dalam penelelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi
kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang dalam mengembangkan
kreativitas anak di TK Al Hidayah 86 Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian Field research, Lokasi tempat penelitian di TK AL HIDAYAH 86
Ambulu Jember, Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru kelas, dan Guru
pendamping, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai
dengan teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensi data, penyajian data
dan kesimpulan dengan melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil penelitian implementasi kegiatan
mengecap menggunakan pelepah pisang dalam mengembangkan kreativitas. Demi
terlaksananya proses kegiatan mengecap menggunakan pelepah pisang yaitu
diawali guru harus membuat RPPH. Setelah itu dilanjutkan guru mempersiapkan
alat dan bahan untuk kegiatan mengecap seperti, gambar sketsa caping, pelepah
pisang yang sudah diiris, pewarna, piring tempat pewarna dan spon. Untuk
mengembangkan kreativitas dengan kegiatan mengecap menggunakan pelepah
pisang guru tidak memberikan batasan kepada anak pada saat mengecap di sketsa
gambar, guru membiarkan anak-anak mengecap sesuai keinginan dan imajinasi
anak. Dari itu anak juga dapat menemukan kombinasi atau percampuran warna
yang tidak ada di piring. Selain itu guru juga memberikan bimbingan dan
memperhatikan anak-anak agar anak-anak aman dan tidak melakukan hal yang
dapat membahayakan pada dirinya dan teman-temannya. Dengan kegiatan
mengecap menggunakan pelepah pisang di kelompok A2 kreativitas anak semakin
berkembang dilihat dari hasil penilaian ceklist dan catatan anekdot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Alfina Najma Damayanti
Date Deposited: 27 May 2024 06:42
Last Modified: 05 Jul 2024 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32801

Actions (login required)

View Item View Item