Penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam mengembangkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X Keagamaan MA Plus Istiqomah Ambulu Jember

Nafiqoh, Fitrotin (2024) Penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam mengembangkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X Keagamaan MA Plus Istiqomah Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 047 - PAI - 2024)
FITROTIN NAFIQOH-202101010014 fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Strategi pembelajaran active knowledge sharing merupakan salah satu strategi pembelajaran yang menfokuskan pada peran aktif siswa di dalam pembelajaran. Strategi ini juga dapat menumbuhkan dan mengembangkan minat belajar siswa, karena siswa diajak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan diskusi, tanya jawab, dan sharing knowledge. Penelitian ini dilakukan di MA Plus Istiqomah Ambulu Jember yang mana dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaaan Islam sudah menerapkan strategi pembelajaran active knowledge sharing dengan tujuan untuk mengembangkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti kemudian tertarik untuk meneliti secara mendalam mengenai strategi pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
Fokus penelitian ini mengkaji mengenai 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah Plus Istiqomah Ambulu Jember dan 2) Bagaimana minat belajar siswa kelas X keagamaan pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah Plus Istiqomah Ambulu Jember dan 2) Untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah Plus Istiqomah Ambulu Jember pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dan simpulan penelitian yang diperoleh ialah 1) Penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing di kelas X Keagamaan sudah berjalan dengan maksimal yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam penerapan strategi ini siswa juga sudah mampu berperan aktif di dalam kegiatan pembelajaran, dan 2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan menggunakan strategi pembelajaran active knowledge sharing mulai berkembang, hal ini ditandai dengan timbulnya rasa senang ketika siswa mengikuti pembelajaran, siswa yang mulai memperhatikan guru di kelas, timbulnya ketertarikan pada diri siswa, serta adanya keterlibatan atau partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fitrotin Nafiqoh
Date Deposited: 27 May 2024 07:28
Last Modified: 02 Jul 2024 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32803

Actions (login required)

View Item View Item