Strategi persaingan dalam meningkatkan laba perusahaan: Studi Usaha Fotocopy Delta Nusantara dilingkungan kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Hazin, Ahmad (2024) Strategi persaingan dalam meningkatkan laba perusahaan: Studi Usaha Fotocopy Delta Nusantara dilingkungan kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Tesis Pascasarjana 2024)
Ahmad Hazin_223206060015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dan tajam mengakibatkan perusahaan membutuhkan antisipasi yang tepat dan akurat sehingga dapat memasarkan produknya dipasaran, dan bahkan bila memungkinkan menjadi pemimpin pasar. Perusahaan harus menjalankan operasinya secara efektif dan efesien tidak terkecuali dibidang persaingan. Strategi perusahaan, khususnya strategi persaingan merupakan langkah yang tepat yang harus ditempuh dan direalisasikan oleh setiap perusahaan yang ingin dapat bertahan di pasar.

Fokus pada penelitian ini ada dua yaitu: Bagaimana strategi persaingan dalam meningkatkan laba perusahaan fotocopy Delta Nusantara dilingkungan kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.Dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengusaha dalam meningkatkan laba perusahaan fotocopy Delta Nusantara dlingkungan kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Tujuan penelitian Adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan strategi persaingan dalam meningkatkan laba perusahaan fotocopy Delta Nusantara di lingkungan Kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Dan menganalisa dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat Pengusaha dalam meningkatkan laba perusahaan fotocopy Delta Nusantara dilingkungan Kampus Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian lapangan, sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi Michel Porter dan teori Analisis SWOT Sun Tzu.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Strategi persaingan dalam meningkatkan laba usaha fotocopy Delta Nusantara dilingkungan kampus UIN KHAS Jember. (a) Rivalitas antar pesaing percetakan fotocopy (b) Harga yang bersaing dalam hal ini pihak Delta Nusantara hanya mengambil keuntungan sedikit dari barang yang dijual dengan harapan pihak konsumen akan tetap kembali membeli, harga lebih murah dengan alasan untuk mempertahankan konsumen. (c) Kepuasan konsumen, tersenyum melayani konsumen, semaksimal mungkin menjawab tentang informasi yang di tanyakan oleh konsumen (d) Ancaman pendatang baru, lebih menjaga pelayanan dan melengkapi barang, menyetok barang yang lebih banyak lagi, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, memberikan simulasi ujian tugas akhir. (e) Kekuatan tawar-menawar, memberikan potongan harga. (2) Faktor pendukung dan penghambat pengusaha fotocopy delta nusantara dalam meningkatkan laba perusahaan dilingkungan kampus UIN KHAS Jember. Dijelaskan bahwa kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, perusahaan diharapkan dapat mengoptimalkan keunggulan yang dimiliki, meminimalkan kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman dengan strategi yang tepat. Analisis SWOT menjadi landasan strategi untuk mengambil keputusan yang cerdas dan melangkah maju dalam usaha fotocopy Delta Nusantara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Hazin
Date Deposited: 28 May 2024 08:44
Last Modified: 28 May 2024 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32807

Actions (login required)

View Item View Item