Upaya Guru Dalam Memperkuat Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa, Dan Berakhlak Mulia Siswa Mtsn 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024

Ma'shum, Muhammad Muhsin Ali (2024) Upaya Guru Dalam Memperkuat Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa, Dan Berakhlak Mulia Siswa Mtsn 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-040-PAI2024)
M. Muhsin Ali M._201101010025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

M. Muhsin Ali M., 2024: Upaya Guru Dalam Memperkuat Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa dan Berakhlak Mulia Siswa MTsN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata kunci: Upaya guru, Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa dan Berakhlak Mulia.

Melihat fenomena pendidikan dan kondisi remaja saat ini maka pembentukan karakter harus dilakukan secara teratur dan terarah agar siswa dapat mengembangkan dan mempraktikkannyal dalam kehidupanl sehari-lhari. Olehl karena litu, gurul diharapkanl mampu lmengajarkan, membimbing, danl memberikan tauladanl yang baikl kepada pesertal didik tentang bagaimana berperilakul yang baikl terutama kepadal orang tual dan lguru.
Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimanal upaya, metode, dan evaluasi gurul dalam memperkuat dimensi Profill Pelajar Pancasilal beriman, bertakwa, danl berakhlak mulia siswa MTsN 4 Banyuwangi?. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan upaya, metode, dan evaluasi gurul dalam memperkuat dimensi Profill Pelajar Pancasilal beriman, bertakwa, danl berakhlak mulia siswa MTsN 4 Banyuwangi.
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus dan pemilihan subjek ini menggunakan purposive dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Upaya Guru dalam memperkuat Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia yaitu seorang guru mendemonstrasikan, dan memberikan motivasi. 2) Metode Guru dalam memperkuat Dimensi Profil Pelajar Pancasila Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia: a) Keteladanan, b) Nasihat, dan c) Pembiasaan. 3) Evaluasi yang digunakan yaitu berupa evaluasi proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Muhsin Ali M.
Date Deposited: 30 May 2024 03:14
Last Modified: 30 May 2024 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32808

Actions (login required)

View Item View Item