Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Jember

Suhadak, Maulana (2024) Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulana Suhadak_204103030008.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Maulana Suhadak, 2024: Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA Mambaul Ulum jember
Kata Kunci: teknik shaping, smartphone, santri
Smartphone banyak digunakan oleh berbagai kalangan dan usia, terutama pada usia remaja, termasuk santri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak LKSA Mambaul Ulum. Nampaknya santri yang diijinkan menggunakan smartphone, menyalahgunakan untuk aktivitas yang tidak penting seperti, bermain game, tik-tok dan berbagai sosial media lainnya. Sehingga mengakibatkan timbulnya perilaku negatif dari santri. Oleh karenanya diperlukan pendampingan yang serius untuk mengurangi perilaku santri yang negatif dengan pendekatan yang mampu merubah tingkah laku santri yakni teknik shaping.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Jember? 2) Bagaimana Hasil Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan Hasil Implementasi Teknik Shaping Bagi Santri Pengguna Smartphone di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Jember.
Jenis penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling (BK), Santri pengguna smartphone, dan pengurus yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi participant, wawancara in-depth interview, dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah konselor melakukan analisis ABC (Antecendent, Behavior, Consequence) untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh santri pengguna smartphone, bahwa pencetus perilaku negatif santri adalah penggunaan smartphone yang berlebihan, sehingga membuat santri kesulitan untuk memanajemen waktu mereka dengan baik, dan mengakibatkan santri sering begadang, terlambat sholat berjamaah, terlambat mengikuti kegiatan di yayasan, serta sering melanggar peraturan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Mambaul Ulum. Konselor juga mengadakan kesepakatan dengan santri mengenai target capaian perilaku, pemberian reinforcement, modifikasi perilaku, dan lama waktu penerapan teknik shaping. Sehingga pada akhir proses konseling, penerapan teknik shaping dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Suhadak Maulana Maulana suhadak
Date Deposited: 30 May 2024 03:05
Last Modified: 30 May 2024 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32838

Actions (login required)

View Item View Item