Normalita, Tarina (2024) BERMAIN PLAYDOUGH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SEMPUSARI, KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-009-PIAUD-2024)
Tarina Normalita_202101050047..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Tarina normalita, 2024: Bermain Playdough sebagai upaya Pengembangan
Kreativitas Anak Pada Kelompok A di TK Dharma Wanita Sempusari Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Bermain Playdough, Pengembangan Kreativitas, Kelompok A
Bermain dapat digunakan anak-anak untuk menjelajahi dunianya, mengembangkan potensi serta mengembangkan kreativitasnya. Playdough dapat mengenalkan peserta didik belajar tentang tekstur, serta bagaimana menciptakan sesuatu. Bermain playdough yang menggunakan imajinasi seluas-luasnya, sangat berguna untuk mengembangkan kreativitas anak. Di TK Dharma Wanita Sempusari Jember sendiri perkembangan kreativitasnya belum berkembang
dengan baik hal ini terbukti ketika pembelajaran anak merasa belum mampu mengerjakan padahal belum mencobanya, ada beberapa anak yang melihat karya temannya, cenderung menunggu perintah guru sehingga sifat kreatif anak kurang
menonjol dan pembelajaranpun terlihat monoton kurang variasi bentuk. Salah satu upaya pengembangan kreativitas yaitu dengan bermain playdough karena permainan platdough merupakan salah satu media pembelajaran yang ada di TK
Dharma Wanita Sempusari Jember.Penelitian ini terdiri dari dua fokus yaitu: 1) Bagaimana upaya pengembangan kreativitas anak melalui playdough pada kelompok A di TK Dharma Wanita Sempusari Tahun pelajaran 2023/2024?, 2) Bagaimana langkah
bermain playdough dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A di TK Dharma Wanita Sempusari Tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya pengembangan
kreativitas anak melalui playdough pada kelompok A di TK Dharma Wanita Sempusari, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah bermain playdough dalam mengembangkan kreativitas anak kelompok A di TK Dharma
Wanita Sempusari.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Dharma Wanita untuk Apakah upaya pengembangan kreativitas anak melalui bermain Playdough yaitu 1) Anak dapat membuat kreasi. 2) dapat meningkatkan self esteem dan daya pikir
anak. 3) Melatih anak untuk menghargai perbedaan karya. 4) Menumbuhkan kemampuan sosial anak. Bermian playdough dalam upaya pengembangkan kreativitas terdapat langkah-langkah yaitu 1) Menyiapkan media pembelajaran. 2) Guru menyampaikan aturanbermain. 3) guru memberikan contoh dan motivasi
sebelum kegiatan bermain playdough. 4) Anak mulai membentuk playdough. 5) Guru mengamati sambil memberi penilaian. 6) Guru mengevaluasi dengan diskusi (recalling) mengenai karya mereka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms. Tarina Normalita |
Date Deposited: | 31 May 2024 01:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 06:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32846 |
Actions (login required)
View Item |