Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Sub Materi Tekanan Zat Cair Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo

M. CHolid, Wahyudi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Sub Materi Tekanan Zat Cair Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-006-TADRIS-IPA-2024)
M. Cholid Wahyudi_T201810080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Abstrak
M. Cholid Wahyudi, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Sub Materi Tekanan Zat Cair Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Tekanan zat cair, Sparkol Videoscribe

Media pembelajaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis masalah di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo, ditemukan bahwa siswa merasa kesulitan dalam memahami materi tekanan zat cair. Hal ini dikarenakan materinya yang besifat konseptual dan menggunakan rumus yang membuat siswa merasa kesulitan pada materi tersebut sehingga menjadikan siswa tidak paham terkait materi tersebut. Selain itu sumber belajar yang dipakai buku paket saja, tidak ada sumber belajar yang lain yang mendukung.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi tekanan zat cair di kelas VIII di SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo. (2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe di kelas VIII SMP Negeri 3 Maron Kabupaten Probolinggo.
Jenis Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research dan development). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan 4D dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu : 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Subjek penelitian variabel pada penelitian yaitu, ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu 6 siswa dalam uji skala kecil dan 30 siswa dalam skala besar.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata presentase uji validasi dari ahli materi nilai rata-rata 4,7 atau presentase 94% dan hasil validasi ahli media nilai rata-rata 4,8 atau presentase 96% dan hasil validasi oleh pengguna (guru) diperoleh hasil nilai rata-rata sebesar 4,9 atau presentase 98% dengan kategori sangat valid pada setiap presentase oleh validator. Hasil Uji respons siswa skala kecil nilai rata-rata 4,66 atau presentase 93%, dan skala besar nilai rata-rata 4,66 atau presentase 93% dengan kategori sangat valid sehingga sparkol videoscribe ini dapat digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Holid Wahyudi
Date Deposited: 03 Jun 2024 06:22
Last Modified: 09 Jul 2024 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32889

Actions (login required)

View Item View Item