FATHONA DWI, MAULINA DEWI (2020) Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
FATHONA DWI MAULINA DEWI_T20161120.pdf Download (3MB) |
Abstract
Fathona Dwi Maulina Dewi, 2020: Penanaman Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember. Pendidikan agama merupakan sendi pokok pengetahuan dalam membentuk kepribadian seseorang. Sehingga dibutuhkan penanaman pendidikan multikultural melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti khususnya di sekolah-sekolah umum. Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jember merupakan sekolah yang didalamnya memiliki aneka keragaman yaitu terdapat guru dan siswa khususnya kelas VII yang memiliki banyak perbedaan latar belakang. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai-nilai humanis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana penanaman nilainilai pluralis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana penanaman nilai-nilai demokratis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai humanis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. (2) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai pluralis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. (3) Mendeskripsikan penanaman nilai-nilai demokratis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) Penanaman nilai-nilai humanis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan menggunakan metode diskusi. (2) Penanaman nilai-nilai pluralis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan menggunakan metode ceramah. (3) Penanaman nilai-nilai demokratis pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan pendekatan scientific learning, model pembelajaran discovery learning dan kontekstual, menggunakan metode tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 08:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 08:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3289 |
Actions (login required)
View Item |