PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MATERI KARAKTERISTIK ALAM DAN PEMANFAATANNYA PADA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER

Miftakhul Janah, Janah (0020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MATERI KARAKTERISTIK ALAM DAN PEMANFAATANNYA PADA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Miftakhul Janah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan ajar, Flipbook Digital, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas). Flipbook digital merupakan bahan ajar yang menyerupai buku flip tradisional, namun dikemas dalam format digital dan dilengkapi fitur yang menarik. Pengembangan flipbook digital menawarkan berbagai manfaat, seperti: Meningkatkan keterlibatan siswa. Fitur seperti video, dan audio dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) mereka dalam proses pembelajaran. Maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar Flipbook Digital Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Materi Karakteristik Alam Dan Pemanfaatannya Pada Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 2 Jember. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk bahan ajar yang dapat membatu siswa agar lebih mudah dalam menerima materi dengan menggunakan Bahan Ajar Flipbook Digital. Dan mengetahui kelayakan Bahan Ajar Flipbook Digital kelas pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Materi Karakteristik Alam Dan Pemanfaatannya. Serta dapat mengetahui hasil belajar siswa lebih baik setelah menggunakan Bahan Ajar Flipbook Digital yang di fokuskan pada pembelajaran di kelas IV Fatahillah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 2 Jember. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementasi (Implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dari penelitian ini merupakan angket penilaian yang dilakukan oleh validator ahli (bahan ajar, materi) dengan menggunakan angket validasi, dan angket ahli pengguna (guru kelas) serta angket penilaian respons siswa terhadap Bahan Ajar Flipbook Digital. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan persentase dari para ahli sebagai berikut: pengguna (Guru kelas) sebesar 96,59%; ahli materi sebesar 93,18%; dan ahli bahan ajar sebesar 96,66%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penggunaannya untuk pembelajaran sangat layak digunakan. Hasil uji coba skala besar yang melibatkan 25 siswa menghasilkan persentase sebesar 96%, sedangkan uji coba skala kecil yang melibatkan 5 siswa menghasilkan persentase sebesar 97%. Selain itu, skor rata-rata post-test pada uji coba skala besar dan kecil adalah 92, lebih tinggi dari hasil pre-test yang hanya 72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Bahan Ajar Flipbook Digital dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) Materi Karakteristik Alam dan Pemanfaatannya pada Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Jember dalam proses pembelajaran sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: me Miftakhul Janah
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:58
Last Modified: 03 Jun 2024 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32897

Actions (login required)

View Item View Item