YOHANA MARIA, HENDAWATI (2020) Penerapan Ice Breaking Pada Pembelajaran Tematik Kelas IIB Di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
YOHANA MARIA HENDAWATI_084144022.pdf Download (4MB) |
Abstract
Yohana Maria Hendawati, 2020 : Penerapan Ice Breaking Pada Pembelajaran Tematik Kelas IIB Di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Jember. Kata kunci:,Penerapan, Ice Breaking, Pembelajaran Tematik Dalam proses pembelajaran, kemampuan guru diuji untuk bisa menarik perhatian dan motifasi belajar peserta didik, apa lagi dalam jenjang sekolah dasar dimana peserta didik belum bisa mengkondisikan dirinya sendiri, pada jenjang ini peserta didik sering tidak fokus dalam menerima pembelajaran, oleh sebab itu guru harus memahami kondisi psikis siswa agar mampu menciptakan suasana belajar yang baik, kondusif, dan efektif. Agar tujuan atau capaian pembelajaran pada hari itu bisa dilaksanakan. Salah satu cara untuk memusatkan perhatian siswa ialah dengan menerapkan Ice Breaking dalam kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk membangkitkan semangat dan juga menarik kembali perhatian siswa. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: Pertama, Bagaimana Proses Penerapan Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik kelas IIB di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember ?. Kedua, Bagaimana Implikasi Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik kelas IIB di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember ? Tujuan penelitian ini adalah untuk: Pertama, Mendeskripsikan Proses Penerapan Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik kelas IIB di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember. Kedua, Mendeskripsikan Implikasi Ice Breaking pada Pembelajaran Tematik kelas IIB di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya penelitian lapangan sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu data condensation, data display, drawing and verifying conlusions, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama Proses penerapan Ice Breaking pada pembelajaran tematik kelas IIB di MI Darul Huda Wonoroto Umbulsari Jember sudah berjalan dengan lancar, mulai dari pemilihan jenis tepuk tangan, lirik lagu dan gerakannya. Kedua Implikasi yang didapatkan oleh siswa ketika guru menerapkan ice breaking adalah siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa mampu berifikir kritis, siswa menjadi percaya diri dalam mengemukakan pendapat, pembelajaran menjadi menyenangkan, membangkitkan energizer, pendorong interaksi siswa, penstimulus belajar siswa, siswa menjadi kompak, siswa tidak merasa takut dengan pembelajaran tematik, siswa dapat berfikir sistematis dan kreatif, siswa bekerjasama dengan baik, melatih konsentrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 08:30 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 08:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3290 |
Actions (login required)
View Item |