ADITYA, FIRDIANSYAH (2020) Manajemen Public Realtios Dalam Memberikan Pelayanan Pedaftaran Haji Bagi Siswa-Siswi Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.
Text
ADITYA FIRDIANSYAH_T20163022.pdf Download (8MB) |
Abstract
Aditya Firdiansyah, 2020, Manajemen Public Realtios Dalam Memberikan Pelayanan Pedaftaran Haji Bagi Siswa-Siswi Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. MAN Bondowoso menyelenggarakan sebuah program pelayanan pendaftaran haji yang tujuannya untuk melayani siswa-siswi MAN Bondowoso untuk mendaftar haji. Sebuah lembaga pendidikan yang bernuansa pesantren sehingga melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian ini. Peneliti rasa hal ini dikatakan unik karena tidak ada sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pelayanan pendaftaran haji. Maka berangkat dari hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana praktisi public relations dalam mengelola program pelayanan pendaftaran haji tersebut, baik ditinjau dari strategi maupun pelaksaanaannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data meggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian manajemen public relations dalam memberikan pelayanan pedaftran haji bagi siswa-siswi MAN Bondowoso ialah praktisi public relations menggunakan tiga strategi yaitu strategi operasional yaitu program pelayanan pendaftran haji ditetapkan melalui rapat bersama tertuang dalam RKT (Rencana Kerja Tahunan). Kedua strategi persuasif dan edukatif yaitu praktisi public relations mempromosikan suatu program pelayanan pendaftaran haji kepada peserta didik melalui event-event PHBI, seperti PKLA, Isra’ mi’raj, pawai muharrom dan sebagainya. Ketiga strategi kerjasama yaitu untuk mendapatkan dukungan dari pihak luar lembaga pendidikan. Dalam hal ini program pelayanan pendaftaran haji bekerjasama dengan Bank BRI sebagai wadah untuk proses tabungan reking haji bagi yang mendaftar. Pelaksanaan program pelayanan pendaftaran haji secara internal praktisi public relations ditugaskan kepada wali kelas yang ada untuk menyetorkan nama-nama peserta didiknya yang mendaftarkan haji. Selain itu wali kelas bertugas untuk memotivasi, mengedukasi, dan memberi semangat kepada anak didiknya untuk lebih giat dalam menabung. Pelaksanaan program ini diperkuat dengan praktek manasik haji yang diikuti oleh pendaftar haji, program keagamaan, dan perwakilan program IPA dan IPS. Kemudian pelaksanaan secara eksternal pihak marketing BRI menjadwal untuk proses menabung sebulan dua kali. Ditinjau dari sisi positif program ini melatih pembentukan akhlak siswa-siswi untuk menjunjung nilai keislaman, kemanusiaan, persaudaraan, dan masih banyak manfaat yang lainnya ketika setelah melaksanakan haji. Selain itu program ini membantu siswa-siswi untuk bersabar dan giat dalam menabung. Aspek negatif tidak lain hanya kurangya koordinasi anggota dan keistiqamahan untuk menyemangati siswa-siswi MAN Bondowoso
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 02:50 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3292 |
Actions (login required)
View Item |