PENGEMBANGAN COUPLE CARD BERBASIS ECO PESANTREN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMP ASY-SYARIFIY LUMAJANG

M Faizal, Muttaqin (2024) PENGEMBANGAN COUPLE CARD BERBASIS ECO PESANTREN PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI SMP ASY-SYARIFIY LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-014-IPA-2024)
M Faizal Muttaqin_204101100004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
M Faizal Muttaqin, 2023: Pengembangan Couple Card Berbasis Eco Pesantren Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan di SMP Asy-Syarifiy Lumajang
Kata Kunci : Couple card, Eco Pesantren, Klasifikasi Tumbuhan
Klasifikasi tumbuhan merupakan sub materi dari klasifikasi makhluk hidup pada materi kelas VII semester genap serta tergolong materi sulit bagi peserta didik, melalui wawancara yang dilakukan pada peserta didik di SMP Asy-Syarifiy Lumajang bahwa materi sulit dipahami. Selain itu beberapa permaslahan yang mendorong kurangnya kesempurnaan dalam belajar yaitu tidak tersedianya lab, metode pembelajaran yang monoton, kurangnya media pendukung, sumber belajar yang kurang update dan sulitnya akses informasi bagi peesera didik. Tujuan peneliti ini diantaranya (1) Mengetahui validitas terhadap media ajar couple card berbasis eco pesantren pada materi klasifikasi tumbuhan Kelas VII di SMP Asy-Syarifiy. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media couple card berbasis eco pesantren pada materi klasifikasi tumbuhan Kelas VII di SMP Asy-Syarifiy.
Penelitian yang menghasilkan produk adalah jenis penelitian R&D (research and development) dengan model pengembangan ADDIE, tahapan pada model ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melakukan evaluasi formatif melalui saran dari beberapa ahli diantaranya : ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli pengguna, setelah mendapat saran dari berbagai ahli ini maka dilakukan revisi produk. Produk yang telah selesai dilakukan uji respon siswa skala kecil dan skala besar, dengan subjek penelitian kelas VII E SMP Asy-Syarifiy Lumajang. Uji respon skala kecil dilakukan pada 5 peserta didik kelas VII E sedangkan uji coba skala besar dilakukan pada 25 pesert didik kelas VII E. Hal ini dilakukan dengan penyebaran angket dengan skala likert dan dianaolisis dengan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah: (1) analisis kebutuhan menyatakan 84% peserta didik menyatakan tidak mengerti materi klasifikasi tumbuhan dan medianya kurang menarik dan seluruh peserta didik menginginkan media berbasis game dalam pembelajaran. (2) Validasi Ahli Materi memperoleh rata-rata sebesar 91,7%, validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 90%, validasi ahli bahasa memperoleh rata-rata sebesar 94,5% dan validasi ahli pengguna memperoleh rata-rata sebesar 96%. Melalui hasil ini maka kriteria sangat valid dan layak digunakan dengan revisi. (3) Hasil uji coba produk skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 98 % da uji respon skala besar juga memperoleh rata-rata sebesar 98%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr M Faizal Muttaqin
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:50
Last Modified: 04 Jul 2024 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32920

Actions (login required)

View Item View Item