PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 JEMBER MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

Sholihah, Futuha (2024) PROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 JEMBER MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK-013-TMTK-2024)
FUTUHA ROHMATISH SHOLIHAH_202101070025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan matematika siswa yang berbeda-beda. Siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami materi, yang mengakibatkan kesalahan dalam proses pengerjaan soal.
Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK Negeri 5 Jember materi relasi dan fungsi dengan resiliensi matematis tinggi dan resiliensi matematis rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMK Negeri 5 Jember materi relasi dan fungsi dengan resiliensi matematis tinggi dan resiliensi matematis rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SMK Negeri 5 Jember. Subjek pada penelitian ini dua siswa dengan kemampuan matematika yang sama dibuktikan dengan hasil ulangan harian dan rekomendasi dari salah satu guru namun resiliensi matematis yang berbeda yaitu tinggi dan rendah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket resiliensi matematis, tes pemahaman konsep matematis, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa resiliensi tinggi pada tes pemahaman konsep matematis minggu pertama dan minggu keempat memenuhi indikator yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, mengklarifikasikan objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan untuk membentuk konsep tersebut, menerapkan konsep matematika, menerapkan konsep secara algoritma. Sedangkan siswa resiliensi rendah pada tes minggu pertama dan keempat hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematis yaitu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Relasi dan Fungsi, Resiliensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Futuha Rohmatish
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:13
Last Modified: 05 Jul 2024 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32946

Actions (login required)

View Item View Item