Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang

Laily Akhadiyah, Nisvi (2024) Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
NISVI LAILY AKHADIYAH_D20194001.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan problematika yang ada dilapangan peningkatan kinerja pegawai di era modernisasi birokrasi menjadi fokus penting. Sumber daya manusia berkualitas menjadi kunci efesiensi dan efektifitas organisasi. Kementerian Agama kabupaten Lumajang membutuhkan pengembangan sdm terencana untuk menghindari kesalahan dan tumpang tindih tugas, kinerja sebagai hasil tindakan pelaksanaan kegiatan, sangat terkait dengan budaya kerja sebagai pedoman utama dalam mencapai tujuan bersama. Penelitian ini menganalisis pengaruh nilai-nilai budaya kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai di kantor tersebut. Temuan menunjukkan adanya kesenjangan dalam penerapan budaya kerja. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memahami esensi budaya kerja dan peranannya dalam meningkatkan kinerja pegawai di lembaga pemerintahan
Rumusan masalah pada skripsi ini : 1). Apakah nilai-nilai budaya kerja yang terdiri dari (integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan) berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. 2). Apakah intgritas berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. 3). Apakah profesionalitas berpengegaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. 4). Apakah inovasi berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. 5). Apakah tanggung jawab berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. 6). Apakah keteladanan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai budaya kerja mana yang bepengaruh secara parsial dan baik itu secara simultan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini 45 pegawai baik itu Pns/non Pns di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probality sampling, yaitu Purposive Sampling. Dengan sampel penelitian yaitu pegawai tetap di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuisioner (Skala likert), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji statistik dengan di bantu SPSS versi 25.
Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kulitas data (uji validitas, uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas/ kolmogorov smirnov, uji heterokedasitas, uji multikolenieritas). Dan uji T atau secara parsial, uji f atau secara simultan, serta uji koefisien determinasi R^2. Dimana diperoleh hasil rumusan masalah pertama, secara simultan nilai sig. 0,000 > 0,05. Rumusan masalah kedua nilai budaya kerja integritas t-hitung 0.570>t-tabel 2.022 dan nilai sig. 0.572>0,05. Rumusan masalah ketiga nilai budaya profesionalitas t-hitung -0,090> t-tabel 2,022, dan nilai sig. 0,929>0,05. Rumusan masalah keempat nilai budaya kerja inovasi t-hitung 1.541> t-tabel 2.022, dan nilai sig. 0.131>0.05. Rumusan masalah kelima nilai budaya kerja tanggung jawab t-hitung 1.168> t-tabel 2.022, dan nilai sig. 0,250>0,05. Rumusan masalah keenam nilai budaya kerja keteladanan t-hitung 3.883>t-tabel 2.022, dan nilai sig. 0,000>0,05.jadi dari hasil uji t variabel nilai budaya kerja yang berpengaruh yaitu keteladanan, untuk integritas, profesionalitas, inovasi, dan tanggung jawab tidak berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.

Kata Kunci : Nilai-Nilai Budaya Kerja (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, Dan Keteladanan), Kinerja Pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: SKRIPSI Nisvi Laily Akhadiyah
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:38
Last Modified: 07 Jun 2024 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32948

Actions (login required)

View Item View Item