Noviana, Feby (2024) Pengembangan media papan hitung matematika (Pahima) untuk materi faktor persekutuan terbesar (FPB) dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) bagi peserta didik kelas IV MI Al-Azhar Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-049-PGMI-2024)
FEBY PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN HITUNG MATEMATIK fix1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (44MB) |
Abstract
Penggunaan media dalam pengajaran sering kali masih terbatas, terutama hanya menggunakan papan tulis, sehingga menyebabkan kebosanan dan kurangnya minat belajar pada peserta didik. Keterbatasan guru dalam menyediakan media pembelajaran yang menarik mengakibatkan kurangnya motivasi belajar. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep faktorisasi prima dan kelipatan, serta dalam
mengidentifikasi situasi permasalahan yang memerlukan penggunaan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pengembangan Media Papan Hitung Matematika (PAHIMA) dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi Peserta didik kelas IV
MI Al-Azhar Ajung Jember, 2. Bagaimana Kelayakan Media Papan Hitung Matematika (PAHIMA) untuk materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi peserta didik Kelas IV MI Al-Azhar Ajung Jember. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengembangan Media Papan Hitung Matematika (PAHIMA) dalam pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi Peserta didik kelas IV MI Al-Azhar Ajung Jember.Untuk mengukur dan mendeskripsikan kelayakan Media Papan Hitung Matematika (PAHIMA). untuk materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi Peserta didik kelas IV MI Al-Azhar Ajung Jember. Penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development, R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop,
Implement, Evaluate) yang dicetus oleh Dick and Cary (1996). Hasil validasi menunjukkan hasil penilaian sebesar 91,8% untuk aspek desain dan tampilan, 96% untuk kelengkapan materi, dan 93% untuk aspek tampilan dan pemahaman materi.
Respon siswa kelas IV MI AL- AZHAR Jember terhadap media ini sangat positif,dengan nilai ketertarikan sebesar 83,5%, masuk dalam kategori menarik. Kesimpulannya, Papan Hitung Matematika (PAHIMA) merupakan media yang menarik dan efektif untuk pembelajaran materi FPB dan KPK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190501 Crafts 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Feby Noviana Feby Noviana |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 06:33 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32955 |
Actions (login required)
View Item |