Pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Maesan Tahun Pelajaran 2023/2024

WIBISONO, PRADIPTA (2024) Pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Maesan Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-024-IPS-2024)
sidang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tidak sedikit guru saat mengajar dalam menjelaskan materi biasanya tidak melihat sisi lainnya yaitu memperdulikan keadaan peserta didik. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa jenuh, rasa bosan, mengobrol dengan teman, tidak fokus terhadap pembelajaran, mengabaikan guru saat pembelajaran berlangsung serta tidak kondusifnya peserta didik saat pembelajaran. Mengakibatkan kurang menariknya proses pembelajaran yang diberikan oleh seorang guru mampu memicu peserta didik untuk tidak mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung (bolos). Atas dasar ini guru tidak hanya memiliki peran mengajar yang mana hanya memberikan materi, tetapi juga memotivasi peserta didik supaya memiliki rasa ketertarikan terhadap pembelajaran yang berlangsung dan termotivasi untuk semangat menuntut ilmu maka perlunya metode yang membantu siswa untuk termotivasi belajar lagi salah satunya dengan metode Ice Breaking.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Maesan tahun pelajaran 2023/2024.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental one group pretest-postest design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa dan variable dalam penelitian ini adalah Ice Breaking. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Maesan yang berjumlah 100 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII A SMP Negeri 1 Maesan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Sample T�Test dengan bantuan SPSS Statistics 23.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Ice breaking berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Maesan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil pre-test dan post-test siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus Paired Sample t-test, yang mana perhitungannya dibantu dengan aplikasi SPSS Statistics 23 mendapatkan hasil 0,002 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dari hasil tersebut diketahui 0,002 < 0,05 yang mana artinya H0 di tolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh dari penerapan Ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Maesan karena jika siswa termotivasi untuk belajar maka akan mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Man Pradipta Wibisono
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:01
Last Modified: 03 Jul 2024 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32977

Actions (login required)

View Item View Item