Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember

Syarifah, Lailatus (2024) Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILATUS SYARIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Syarifah, Lailatus, 2024. Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri KH. Achmad Shiddiq Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Mashudi, M.Pd, Pembimbing II: Dr. H. Moh. Anwar, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Metode Role Playing, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Pembelajaran melibatkan berbagai metode yang dapat diterapkan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang melibatkan konsep-konsep dari berbagai disiplin ilmu. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam dengan menggunakan metode role playing dapat memberikan energy positif pada siswa dan meningkatkan ketertarikan siswa. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember menggunakan metode role playing agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran wajib.
Fokus penelitian ini: 1) bagaimana kegiatan pendahuluan metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember? 2) bagaimana partisipasi siswa dengan metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember? 3) bagaiamana evaluasi metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember?
Tujuan penelitian ini: 1) untuk menganalisis kegiatan pendahuluan metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember. 2) untuk menganalisis partisipasi siswa metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember. 3) untuk menganalisis evaluasi metode role playing dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jember.
Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sumber data dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data pada penelitian ini meliputi kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Kegiatan Pendahuluan meliputi: guru menyapa siswa, membaca asmaul husna, menjelaskan materi sebelumnya, membentuk kelompok,membagikan materi baru dan membuat skenario. 2) Partisipasi siswa dalam metode role playing meliputi pembuatan scenario dan memerankan karakter, dapat membuat siswa aktif bertanya, berperan aktif dalam diskusi, memberikan pendapat dan berkontribusi dalam pembelajaran. 3) Evaluasi metode role playing dilakukan melalui tes lisan, tes tertulis, tes proses dan observasi sikap siswa. Selain itu juga digunakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lailatus Syarifah
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:17
Last Modified: 10 Jun 2024 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32979

Actions (login required)

View Item View Item