Fenomena Menghijaunya Kota Saudi Arabia Menurut Ustadz Adi Hidayat Dalam Platform Youtube (Kajian Tafsir Lisan Surah Al-Ahzab Ayat 63)

Mahmudda, Hanifah (2024) Fenomena Menghijaunya Kota Saudi Arabia Menurut Ustadz Adi Hidayat Dalam Platform Youtube (Kajian Tafsir Lisan Surah Al-Ahzab Ayat 63). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Hanifah Umi Mahmudda_204104010079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hari kiamat adalah saat dimana dunia akan mengalami kehancuran, menjadi akhir zaman, serta hari kebangkitan dan pembalasan. Ini mengindikasikan bahwa manusia sebagai penghuni bumi telah menyadari bahwa alam semesta akan mengalami keruntuhan. Berita menghijaunya kota Saudi Arabia yang dikaitkan dengan kiamat sudah dekat menjadi perbincangan publik, banyak yang menganggap bahwa fenomena tersebut terjadi berkaitan dengan kiamat sudah dekat. Akan tetapi datangnya hari kiamat merupakan hak prerogrative Allah SWT. seperti yang dijelaskan di dalam surah Al-Ahzab ayat 63 yang ditafsirkan oleh Ustadz Adi Hidayat. Penelitian ini dibuat karena fenomena tersebut dan masih sedikit orang yang meneliti tentang tafsir lisan. Peneliti memilih tafsir lisan menurut Ustadz Adi Hidayat karena beliau adalah salah satu ulama Indonesia yang terkenal dan ceramahnya banyak diminati.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana penafsiran ustadz Adi hidayat terhadap surah Al Ahzab ayat 63, 2. Bagaimana pandangan ustadz Adi hidayat tentang fenomena menghijaunya kota Saudi Arabiah yang dikaitkan dengan kiamat sudah dekat didalam Platform Youtube, 3. Bagaimana ciri kelisanan tafsir lisan surah Al-Ahzab ayat 63 dan fenomena menghijaunya kota Saudi Arabia oleh Ustadz Adi Hidayat dalam Platform Youtube, dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian berupa studi pustaka. Subjek penelitian memanfaatkan data video yang berisi penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat tentang fenomena menghijaunya kota Saudi Arabia yang dikaitkan dengan kiamat sudah dekat dan tafsir lisan surah Al-Ahzab ayat 63 di Platform Youtube. Teori yang digunakan adalah teori analisis wacana dari teori Walter J Ong.
Ustadz Adi Hidayat juga memberikan penjelasan bahwa tentang datangnya hari kiamat hanya Allah SWT. yang mengetahui. Dalam menyikapi berita yang belum tentu kebenarannya hendaknya jangan langsung percaya, yang seharusnya ditakuti dan harus dipersiapkan bekalnya adalah kiamat sugra yaitu berupa kematian, karena ini adalah kiamat yang bisa terjadi pada siapa saja dan waktu yang tidak bisa diketahui oleh setiap orang. Dalam video tafsir lisan tentang surah Al-Ahzab 63 dan fenomena menghijaunya kota Saudi Arabia yang dikaitkan dengan kiamat sudah dekat terdapat empat kelisan dari Sembilan kelisanan yang ditawarkan oleh Walter J Ong dalam teorinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Me Hanifah Mahmudda
Date Deposited: 06 Jun 2024 08:09
Last Modified: 06 Jun 2024 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32982

Actions (login required)

View Item View Item