Pengaruh penggunaan Classroom Reading Program Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas IV Di MI Al-Hidayah Mangli Jember

Amalia, Raudia Rizky (2024) Pengaruh penggunaan Classroom Reading Program Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas IV Di MI Al-Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK - 017 - PGMI - 2024)
Skripsi Raudia watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca siswa. Hal
tersebut diketahui melalui hasil penyebaran kuisioner pra survey yang menunjukkan
bahwa siswa kelas IVA di MI Al-Hidayah Mangli Jember memiliki minat membaca
yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari presentase jawaban setuju pada keempat
poin pernyataan dengan jumlah masing-masing dibawah 50%. Maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa siswa kurang antusias membaca di waktu luang dan lebih suka
bermain dibandingkan dengan membaca buku. Rendahnya minat siswa untuk
membaca ini salah satunya dipengaruhi oleh bahan bacaan yang tersedia di sekolah.
Hal tersebut kemudian mendorong peneliti untuk menggali lebih dalam terkait
pengaruh penggunaan Classroom Reading Program terhadap minat membaca siswa.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah: Adakah pengaruh penggunaan Classroom
Reading Program terhadap minat membaca siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Mangli
Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan Classroom
Reading Program terhadap minat membaca siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Mangli
Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuantitatif asosiatif. Populasi meliputi seluruh siswa kelas IVA MI Al-Hidayah
Mangli Jember. Sedangkan populasi dan sampel berjumlah 32 orang dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS Version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara penggunaan Classroom Reading Program terhadap minat membaca siswa
kelas IV di MI Al-Hidayah Mangli Jember. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi
sebesar 0,000<0,05 menandakan H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian berdasarkan
uji koefisien determinasi yang dilakukan dalam penelitian ini ditemukan besaran nilai
R square sebesar 0,345 yang dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan
Classroom Reading Program terhadap minat membaca siswa kelas IV di MI AlHidayah Mangli Jember sebesar 34,5 sedangkan 65,5 pengaruh lainnya berasal dari
faktor lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Classroom Reading Program, Minat Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudia Rizky Amalia
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:35
Last Modified: 02 Jul 2024 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32987

Actions (login required)

View Item View Item