Hubungan Antara Perbandingan Sosial Dengan Kepuasan Hidup Pada Dewasa Awal Di Kabupaten Jember

Ardani, Era Febriyanti Amalia (2024) Hubungan Antara Perbandingan Sosial Dengan Kepuasan Hidup Pada Dewasa Awal Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Era Febriyanti Amalia Ardani_D20195049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masa dewasa awal merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa. Individu dewasa awal diharapkan bisa menjalani tugas perkembangannya agar membawanya pada kebahagiaan dalam hidupnya. Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri setiap individu dewasa awal akan merasakan berbagai permasalahan hidup yang dapat membuat kurang puas terhadap hidupnya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan hidup pada dewasa awal yaitu adanya perbandingan sosial.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada hubungan antara perbandingan sosial dengan kepuasan hidup pada dewasa awal di Kabupaten Jember. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perbandingan sosial dengan kepuasan hidup pada dewasa awal di Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 272 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu asumsi klasik seperti uji normalitas dan uji linearitas, kemudian untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel menggunakan uji korelasi product moment.
Hasil yang didapatkan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 serta nilai pearson correlation sebesar -0,602. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara perbandingan sosial dengan kepuasan hidup pada dewasa awal di Kabupaten Jember. Artinya apabila individu dewasa awal berada pada kondisi perbandingan sosial tinggi maka kepuasan hidup individu dewasa awal tersebut rendah, begitupun sebaliknya apabila individu dewasa awal berada pada kondisi perbandingan sosial rendah maka kepuasan hidup individu dewasa awal tersebut tinggi.
Kata Kunci: perbandingan sosial, kepuasan hidup, dewasa awal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Era Febriyanti Amalia Ardani
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:17
Last Modified: 07 Jun 2024 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/32998

Actions (login required)

View Item View Item