PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI RELASI DAN FUNGSI KONTEKS PEMBGIAN ZAKAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASHRI JEMBER

wahyu aini, Lutfi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI RELASI DAN FUNGSI KONTEKS PEMBGIAN ZAKAT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs ASHRI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-002-TMTK-2024)
SKRIPSIIE done banget perpus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Luthfi Wahyu Aini, 2024: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Relasi Dan Fungsi Konteks Konteks pembgaian zakat pada peserta didik Kelas VIII MTs ASHRI Jember

Kata kunci: Pengembangan, LKPD Konteks Pembagian Zakat, Relasi dan Fungsi
Pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika sagantlah penting, sehingga perlu adanya penunjang seperti LKPD, peserta didik dapat mempersiapkan diri sebelum mendapat pembelajaran dalam kelas. Tidak adanya LKPD yang memadai dan hanya buku paket yang digunakan bergantian kurang efektif sebagai pegangan peserta didik. Latar belakang pendidikan MTs ASHRI yang berada dalam lembaga pesantren menjadi salah satu alasan LKPD relasi dan fungsi yang dikembangkan konteks ilmu keislaman yakni zakat, sehingga dalam upaya meningkatkan pendidikan terpadu di MTs ASHRI.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan LKPD materi relasi dan fungsi konteks pembagian zakat kelas VIII ASHRI Jember. 2) Mendeskripsikan kepraktisan LKPD materi relasi dan fungsi konteks pembagian zakat.
Penelitian ini menggunakan metode: Research and Development (R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs ASHRI Jember yang berjumlah 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket kevalidan LKPD, angket dan kepraktisan LKPD. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada kevalidan LKPD berbasis pembagian zakat memiliki presentase rata-rata kevalidan 91,42% dengan masuk kategori sangat valid. 2) Pada kepraktisan LKPD berbasis pembagian zakat juga memiliki presentase kepraktisan sebesar 86,96% oleh peserta didik, dan 80% oleh guru matematika yang termasuk kedalam kategori sangat praktis dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Uin khas Aini
Date Deposited: 07 Jun 2024 07:27
Last Modified: 05 Jul 2024 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33010

Actions (login required)

View Item View Item