Maulana, Muhammad Fani (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedispilinan Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember Tahun 2023. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (TS-034-MPI-2024)
SIDANG TESIS FIX MEI2024 (9).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Fani Maulana, 2024. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa, Kaliwining Rambipuji Jember. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I. Dr. H. Abd. Muhith, M.Pd.I. Pembimbing II. Dr. Rusydi Baya‟gub, S.Ag. M. Pd. I
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru.
Kepala sekolah merupakan pemimpin disuatu lembaga pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas dengan didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas pula. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru diantaranya adalah kepala sekolah sebagai Leader, Administrator dan Supervisor. Sedangkan dalam penerapan kedisiplinan menggunakan (Disiplin kerja Preventif dan Korektif). Fokus penelitian 1). Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember 2). Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember 3). Bagaimana Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember. Tujuan Penelitian 1). Untuk Menganalisis Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember 2). Untuk Menganalisis Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember 3). Untuk Menganalisis Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Modal Bangsa Kaliwining Rambipuji Jember Pendekatan dalam penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Analisis data kualitatif deskriptif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana; kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik triangulasi Sumber, Member Check. Hasil penelitian 1) peran kepala sekolah sebagai leader; melakukan pemantauan melalui kamera cctv, memberikan reward kepada guru yang teladan, mewajibkan guru absen mengunakan fingger print, menerapkan sistem potong gaji bagi guru yang terlambat datang ke sekolah 2) Selanjutnya memposisikan dirinya sebagai administrator; meminta para guru ketika mengajar harus sesuai dengan RPP yang di buat, kolaborasi antara kepala sekolah dengan guru dalam urusan administrasi sekolah (nominasi, perpanjangan ijob dan lain-lain). 3) Selanjutnya memposisikan dirinya sebagai supervisor; memberikan dukungan dan pengarahan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Muhammad Fani Maulana |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 07:21 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 08:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33024 |
Actions (login required)
View Item |