Mufarika, Dian (2024) Pengaruh Penerapan Pengelolaan Kelas Dengan Behavior Modification Approach Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, dan Cahaya Kelas VIII di MTs Al - Amiriyyan Banyuwangi. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Sidiq Jember.
Text (SK-012-IPA-2024)
Skripsi Dian Mufarika - 204101100009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Behavior Modification Approach, Hasil Belajar,
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya semangat siswa dalam
proses pembelajaran. Hasil belajar yang rendah juga banyak dipengaruhi oleh
adanya beberapa faktor seperti halnya dalam kurangnya semangat siswa dalam
mengikuti pembelajaran dan juga kurangnya perhatian seorang guru selama proses
pembelajaran berlangsung. Sehingga disini muncullah beberapa sikap atau
perilaku siswa yang kurang baik. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada,
maka diperlukan adanya pendekatan salah satunya adalah menggunakan
pendekatan Behavior Modification Approach.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan
pengelolaan kelas dengan behavior modification approach pada proses
pembelajaran siswa materi getaran, gelombang, dan cahaya kelas VIII di MTs Al-
Amiriyyah, Banyuwangi?.(2) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dengan
behavior modification approach terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran,
gelombang, dan cahaya kelas VIII di MTs Al-Amiriyyah, Banyuwangi?. Tujuan
penelitiannya yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pengelolaan kelas
dengan behavior modification approach pada proses pembelajaran siswa materi
getaran, gelombang, dan cahaya kelas VIII di MTs Al-Amiriyyah, Banyuwangi.
(2) Untuk menguji ada tidaknya pengaruh penerapan pengelolaan kelas dengan
behavior modification approach terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran,
gelombang, dan cahaya kelas VIII di MTs Al-Amiriyyah, Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
quasi experiment dengan desain Nonequivalent control group design.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang
digunakan terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII M sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII N sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes berupa soal pretest dan posttest. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Independent Sample
T-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pengelolaan kelas
dengan Behavior Modification Approach pada proses pembelajaran siswa materi
getaran, gelombang, dan cahaya kelas VIII di MTs Al – Amiriyyah Banyuwangi
ini dianggap berhasil karena memberikan dampak positif kepada siswa. Dampak
positif tersebut terlihat dalam perubahan perilaku siswa menuju yang lebih positif
ketika seorang guru menerapkan reinforcement, konsekuensi dan konsistensi, dan
extinction untuk memperkuat dan mengurangi perilaku negatif. (2) Adanya
pengaruh penerapan pengelolaan kelas dengan Behavior Modification Approachterhadap hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan cahaya kelas
VIII di MTs Al – Amiriyyah Banyuwangi. Pengaruh ini dihasilkan dari uji
Independent Sample T-test pada pengujian hipotesisnya terhadap pencapaian
aktivitas akademis dari siswa. kelas VIII di MTs Al – Amiriyyah Banyuwangi
dengan nilai yang signifikansi yang diperoleh adalah 0,00 < 0,05 artinya bahwa
H1 diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Dian Mufarika |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 06:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33029 |
Actions (login required)
View Item |