Implementasi Penanaman Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2018/2019

MOCH. AFIF, ANSHORI (2020) Implementasi Penanaman Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
MOCH. AFIF ANSHORI_084 141 080.pdf

Download (2MB)

Abstract

MOCH AFIF ANSHORI, 2019: Implementasi Penanaman Karakter Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2018/2019 Penddikan karakter merupakan sebuah proses transformasi nilai-nilai kehidupan untuk ditumbuh kembangkan dalam kepribadian seseorang atau peserta didik sehingga menjadi satu dalam perilaku kehidupan orang tersebut. Pendidikan karakter tidak hanya sekedar mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, lebihh dari itu pendidikan karakter menanamkan kebiasaan tentang yang baik seingga siswa menjadi paham mana yang benar dan mana yang salah, dan mampu merasakan nilai yang baik sehingga siswa akan mampu dalam hal melakukan hal baik tersebut. Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana penanaman pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum tahun 2019/2020 2) Bagaimana pelaksanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum. 3) Bagaimana evaluasi penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum. Jenis metode penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif, dimana riset yang bersifat deskriptif (mengambarkan) dan menggunakan analisis, dengan metode pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bawha 1) Perencanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum sudah terlihat optimal dengan di dukung adanya RKS (Rencana Kerja Sekolah), RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) dan Kurikulum 2013 yang terdiri silabus dan RPP yang di sesuaikan dengan kondisisiswa. 2) Pelaksanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum berjalan dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan kegiatan-kegaitan yang ada dalam proses belajar mengajar sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dalam proses belajar mengajar sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dalam RKS, Silabus dan RPP kegiatan ini yang dilakukan seperti awal dengan sholat dhuh dan berjamaah literasi mengucapkan salam dan berdoa. 3) Evaluasi penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMK Islam Bustanul Ulum yaitu penilaian hasil ulangan, hasil tes, hasil ujian, yang terangkum dalam ketuntasan belajar, hasil kegiatan penilain orang tua terhadap anak ketika dirumah, lalu hasil kegiatan perilaku anak ketika berada di sekolah, kemudian di akhir akan di akumulasoikan pada nilai raport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:28
Last Modified: 23 Mar 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item