Pengaruh model cooperative Learning tipe Make Match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember

Munfida, Nuril Ilma (2024) Pengaruh model cooperative Learning tipe Make Match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text (SK - 019 - PAI - 2024)
NURIL ILMA MUNFIDA_204101010064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuril Ilma Munfida, 2024 : Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match, Hasil Belajar
Berdasarkan latar belakang, permasalahan di SMP Negeri 1 Jember pada pembelajarn Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih menggunakan model konvensional dimana hampir semua kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru, selain itu metode dan model yang saat ini dipakai tidak beragam bentuknya, pembelajaran hanya fokus pada pemberian tugas yakni siswa diminta untuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku Pelajaran tanpa melibatkan kemampuan siswa sehingga siswa tidak kreatif dan tidak antusias dalam belajar. Siswa merasa bosan dan jenuh karena pembelajaran cenderung pasif. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dengan model konvensional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa SMP Negeri 1 Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti menggunakan Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dengan Model pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas VII yang dibelajarkan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Maka A Match dengan Model Konvensional pada materi Al-Qur’an Dan Sunnah Sebagai Pedoman Hidup Dan Meneladan Nama Dan Sifat Allah Untuk Kebaikan Hidup
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Peneliti menggunakan Nonequivalent control group posstest design merupakan Quasi Experimental. Metode penggumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data peneliti mendapatkan hasil belajar siswa yakni dengan menggunakan uji independent sampel t-test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti tanpa menggunakan model cooperative learning tipe make a match adalah dengan nilai rata-rata 75,56 Sedangkan hasil belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match adalah dengan rata-rata 79,85. Hasil uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 3023> 1,690924, maka nilai t hitung dengan t tabel menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini membuktikan model cooperative learning tipe make a match yang lebih memiliki pengaruh yang optimal terhadap hasil belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Nuril Ilma Munfida
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:24
Last Modified: 02 Jul 2024 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33043

Actions (login required)

View Item View Item