KARAKTERISTIK MUNAFIK (Studi Penafsiran Buya Hamka Dalam Kitab Tafsir al-Azhar)

welideh, perpus (2024) KARAKTERISTIK MUNAFIK (Studi Penafsiran Buya Hamka Dalam Kitab Tafsir al-Azhar). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI WALIDAH WATERMARK FIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Welideh, 201104010015: Karakteristik Munafik (Studi Penafsiran Buya Hamka Dalam Kitab Tafsir al-Azhar)

Kata Kunci: Karakteristik, dan Munafik
Penelitian ini menguraikan karakteristik munafik sebagaimana yang tercantum dalam al-Qur'an, sesuai dengan perspektif Buya Hamka dalam tafsirnya al-Azhar. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan bahaya memiliki sifat munafik dalam komunitas Muslim. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan peringatan kepada setiap individu agar lebih memahami diri sendiri dengan merenungkan ciri-ciri munafik ini. Dengan demikian, diharapkan individu dapat melakukan introspeksi diri yang mendalam dan memastikan bahwa kita telah mengamalkan Islam dengan tulus.
Fokus utama dari penelitian ini adalah 1). Bagaimana konsep munafik menurut penafsiran Buya Hamka dalam kitab tafsir al-Azhar? 2). Bagaimana karakteristik munafik menurut penafsiran Buya Hamka dalam kitab tafsir al-Azhar? dengan tujuan penelitian adalah 1). Untuk mengetahui konsep munafik menurut penafsiran Buya Hamka dalam kitab tafsir al-Azhar 2). Untuk mengetahui karakteristik munafik menurut penafsiran Buya Hamka dalam kitab tafsir al-Azhar.
Dengan merujuk pada teori yang menjelaskan sifat-sifat munafik, penelitian ini akan difokuskan pada analisis tafsir dari ayat-ayat yang menggambarkan karakteristik munafik menurut Buya Hamka. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk mengungkap permasalahan yang diteliti, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mencari informasi dari sumber primer dan sumber sekunder seperti tafsir al-Azhar, buku, jurnal, dan lain sebagainya.
Kesimpulan dari penelitian ini dapat ditarik bahwa konsep munafik dalam kitab tafsir al-Azhar adalah mereka yang berbeda antara lisan dan batinnya, dengan karakteristik yaitu mereka mengklaim berbuat perbaikan padahal sebenarnya tidak, bermalas-malasan dalam melakukan shalat, kikir, pandai bersilat lidah namun tidak ada tindakan yang mendukung, suka menyakiti dan merendahkan orang lain, ketika berkata mereka berbohong, ketika berjanji mereka ingkar, serta mereka akan di azab dua kali, pertama azab dunia berupa kegelisahan hati dan kedua azab akhirat karena meninggal dalam keadaan Su’ul Khatimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: mrs welideh perpus
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:37
Last Modified: 10 Jun 2024 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33044

Available Versions of this Item

  • KARAKTERISTIK MUNAFIK (Studi Penafsiran Buya Hamka Dalam Kitab Tafsir al-Azhar). (deposited 10 Jun 2024 06:37) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item