PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA GAME EDUKASI TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAMBIPUJI

Nita, Khoirunnisa (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA GAME EDUKASI TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 RAMBIPUJI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-013-IPA-2024)
SKRIPSI NITA KHOIRUNNISA 2024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh oleh model pembelajaran yang digunakan di SMP
Negeri 1 Rambipuji yang masih berpusat kepada guru dan tidak melibatkan peran aktif
siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menimbulkan minat belajar IPA
siswa yang rendah. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu alternatif yang
diharapkan menjadi solusi yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan media game edukasi yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar IPA siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournamnet (TGT) pada materi ekologi dan keanekaragamn hayati indonesia di SMP Negeri 1 Rambipuji. 2) Bagaimana gambaran minat belajar IPA siswa kelas VII pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMP Negeri 1 Rambipuji. 3) Adakah pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Times Games Tournament (TGT) berbantuan media game
edukasi terhadap minat belajar IPA siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman
Hayati Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji. Tujuan dari penelitian ini
adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) pada materi ekologi dan keanekaragamn hayati indonesia di
SMP Negeri 1 Rambipuji. 2) Untuk menggambarkan minat belajar IPA siswa kelas VII pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1
Rambipuji. 3.) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media game edukasi terhadap minat belajar IPA siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII
di SMP Negeri 1 Rambipuji. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan desai nonequivalent
control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu
kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan VII-F sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah uji Independent Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil uji-t pada angket minat belajar IPA siswa diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 artinya H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media game edukasi terhadap minat belajar IPA siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Rambipuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), Game Edukasi, Minat Belajar IPA Siswa
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050202 Conservation and Biodiversity
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nita Khoirunnisa
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:50
Last Modified: 04 Jul 2024 06:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33064

Actions (login required)

View Item View Item