MEMBUKTIKAN TERPENGARUHNYA KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER OLEH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL

Maimunah, Siti (2024) MEMBUKTIKAN TERPENGARUHNYA KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 9 JEMBER OLEH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI MAIMUNAH_202101030031.pdf

Download (57MB)

Abstract

Siti Maimunah, 2024 : “Membuktikan terpengaruhnya kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember oleh gaya kepemimpinan transformasional”.
Kata Kunci : Kinerja guru, Gaya kepemimpinan transformasional.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya isu-isu terkait pendidikan yang ada di Indonesia. Dalam lembaga pendidikan, seorang guru lah yang menjadi ujung tombak dari proses pendidikan tersebut. Untuk itu, kinerja guru sangat diperhitungkan untuk melihat kualitas pendidikan di Indonesia. Dibalik itu, tentunya ada sosok kepala madrasah yang menjadi pemimpin dalam sebuah lembaga yang tentunya akan memimpin orang-orang yang ada didalamnya. Begitupun Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember, lembaga ini mempunyai sosok kepala madrasah yang memimpin dengan menerapkan karakteristik dari gaya kepemimpinan transformasional. Terbukti kepala madrasah memberi peluang dan kebebasan untuk pengembangan karir orang-orang yang dipimpinnya, hingga terdapat seorang guru yang menjadi anggota guru madrasah menulis (GMM) atau sebuah komunitas guru penulis tingkat nasioanl. Di madrasah ini juga mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki dua kampus yang berbeda lokasi yakni kampus barat dan kampus timur, keduanya sama-sama beroperasi. Hal tersebut yang kemudian mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam untuk membuktikan terpengaruhnya kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 9
Jember oleh gaya kepemimpinan transformasional.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil dari membuktikan terpengaruhnya kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember oleh gaya kepemimpinan transformasional?. Dengan tujuan, untuk membuktikan terpengaruhnya kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember oleh Gaya kepemimpinan transformasional.
Penelitian ini menggunakan mix methods dengan jenis sequential explanatory dengan menggunakan data kuantitatif sebagai data utama dan data kualitatif sebagai data penjelas. Data kuantitatif diperoleh dari angket, populasi dan sampel data kuantitatif ini yakni 36 guru dengan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh serta pengujiannya menggunakan uji regresi linier sederhana. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember Dibuktikan berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana yang memperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,558 atau sebesar 55,8%. Hal tersebut diperjelas oleh temuan data kualitatif yang menunjukkan bahwa kepala madrasah telah menjalankan gaya kepemimpinan transformasionalnya dengan charisma, idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, individual consideration. Dalamhal kinerja guru, guru-guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Jember telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan prinsip pelaksanaan penilaian kinerja guru (PKG) Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mai
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:17
Last Modified: 11 Jun 2024 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item View Item