ANALISIS PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN KETERLIBATAN RELAWAN PAJAK DALAM PELAPORAN SPT TAHUNAN DI KPP PRATAMA PASURUAN

Hidayati, Irma (2024) ANALISIS PENINGKATAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN KETERLIBATAN RELAWAN PAJAK DALAM PELAPORAN SPT TAHUNAN DI KPP PRATAMA PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-64-AKSYA-2024)
SKRIPSI IRMA HIDAYATI FIX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Irma Hidayati, Nurul Setianingrum, 2024: Analisis Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Keterlibatan Relawan Pajak dalam
Pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan
Kata Kunci : Relawan Pajak, SPT, Kepatuhan Wajib Pajak
Pajak merupakan sumber utama pendapatan negara yang berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya memiliki peranan krusial dalam mencapai target penerimaan pemerintah. Penelitian ini difokuskan pada “Analisis Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Keterlibatan Relawan Pajak dalam Pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan”.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peningkatan kepatuhan wajib pajak orang pibadi dengan keterlibatan relawan pajak dan sebelum adanya relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan? 2) Bagaimana efektivitas peningkatan wajib pajak orang pribadi dengan keterlibatan relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peningkatan kepatuhan wajib pajak orang pibadi dengan keterlibatan relawan pajak dan sebelum adanya relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan. 2) Untuk mengetahui efektivitas peningkatan wajib pajak orang pribadi dengan keterlibatan relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan.
Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan karakteristik penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan menerapkan teknik purposive. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif, dan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Peningkatan kepatuhan wajib pajak orang pibadi dengan keterlibatan relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan memiliki peran yang sangat penting. Keterlibatan relawan pajak dianggap sangat membantu dan berpengaruh positif dalam memberikan pemahaman kepada wajib pajak serta mempersingkat waktu antri, dan meningkatkan efisiensi pelaporan. 2) Efektivitas peningkatan wajib pajak orang pribadi dengan keterlibatan relawan pajak dalam pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Pasuruan masih memerlukan perbaikan. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dan kebutuhan perbaikan dalam meningkatkan efektivitas keterlibatan relawan pajak. Sosialisasi yang belum optimal, kurangnya pengembangan keterampilan relawan pajak, serta aspek kualitas pelayanan masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Irma Hidayati
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33085

Actions (login required)

View Item View Item