Astiningtyas, Anindyta Septia (2024) Pengembangan media permainan Teka Teki Silang interaktif pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi hak dan kewajiban kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK - 039 - PGMI - 2024)
SKRIPSI_ANIN_8_juni_WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah sarana yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran). Penggunaan media pembelajaran selain memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran, juga bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik. Dalam penelitian di kelas VIA MIN 4 Jember, media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi hak dan kewajiban kurang bervariatif, sehingga menimbulkan problem suasana belajar kurang menarik. Oleh karena itu, media permainan teka teki silang interaktif ini dikembangkan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik pada siswa kelas VIA MIN 4 Jember dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan materi hak dan kewajiban
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimana pengembangan media permainan teka teki silang interaktif. 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media permainan teka teki silang interaktif. 3) Bagaimana kemenarikan media permainan teka-teki silang interaktif pada mata pelajaran PKn materi hak dan kewajiban kelas VI di MIN 4 Jember?.1) Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan produk yang berupa pengembangan media permainan teka teki silang interaktif 2) Mendeskripsikan dan mengetahui kelayakan pengembangan media permainan teka teki silang interaktif. 3) Untuk mengetahui kemenarikan media permainan teka-teki silang interaktif pada mata pelajaran PKn materi hak dan kewajiban kelas VI di MIN 4 Jember
Untuk mengetahui kelayakan mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitan dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembanngan dilakukan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran permainan teka teki silang interkatif dihasilkan memenuhi kriteria layak dengan presentase penilaian rata-rata 86,88%, dari ahli materi 92,5% kategori sangat layak, ahli media 82,85% kategori layak dan dari ahli pendidikan kewarganegaraan 85,3%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan teka teki silang interkatif layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms anindyta astiningtyas |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 04:17 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 03:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33110 |
Actions (login required)
View Item |