Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Mustofa, Nur Hidayah (2024) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS FIX PRINTf.pdf

Download (24MB)

Abstract

Mustofa Nur Hidayah, 2024, Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Abdul Mu’is, S.Ag., M.Si. Pembimbing II : Dr. H. Khotibul Umam, MA
Kata Kunci : Manajemen Hubungan Masyarakat, Citra Positif
Manajemen hubungan masyarakat di Madrasah merupakan aspek penting dalam membangun citra positif dan hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan. Melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terstruktur, Madrasah dapat mengelola dan mengkomunikasikan informasi dengan efektif kepada siswa, orang tua, guru, dan masyarakat. Penelitian ini menginvestigasi proses manajemen hubungan masyarakat di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum dengan fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Fokus dari penelitian ini 1). Bagaimana Perencanaan Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum? 2). Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum? 3). Bagaimana Evaluasi Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Panti Jember. 2). Mendeskripsikan dan menganalisis Pelaksanaan Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Panti Jember. 3). Mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Panti Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam tesis ini adalah metode observasi, wawancara mendalam dan study dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta selanjutnya data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Perencanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum adalah: ada dua macam, yaitu perencanaan program kerja rutin (mengundang wali murid, halal bihalal, memperingati hari-hari besar Islam, memfasilitasi acara wisuda, koordinasi dan komunikasi). dan perencanaan program kerja insidentil (home visit, koordinasi dan komunikasi dengan tokoh masyarakat). 2). Pelaksanaan hubungan masyarakat dalam membangun citra positif Madrasah di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum terdiri dari berbagai macam kegiatan, semua kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat internal dan eksternal. 3). Evaluasi hubungan masyarakat yang ada di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum dilakukan setiap selesai program dilaksanakan, evaluasi dilakukan di akhir program atau setiap kali program selesai dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190302 Professional Writing
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: men Mustofa Nur Hidayah
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:26
Last Modified: 12 Jun 2024 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item View Item