Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam PembentukanKarakter Siswa Di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso

NAILIS, SA’ADAH L. (2020) Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam PembentukanKarakter Siswa Di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
NAILIS SA’ADAH L._T20161124.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nailis Sa’adah Ludiantoro, 2020 : Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam PembentukanKarakter Siswa Di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso. Kata Kunci : Kurikulum Sekolah Alam, Pembentukan Karakter Siswa Karakter sangat berperan penting bagi siswa, disinilah sesungguhnya pentingnya kurikulum dalam suatu program pendidikan yang disediakan untuk membelajarkan siswa. Dengankurikulum tersebut para siswa melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga terjadi perubahan danperkembangan tingkah laku siswa yang mampu bersaing, beretika, dan bermoral dalam menjalinhubungan sosial di masyarakat. Dengan adanya konsep kurikulum sekolah alam dalampembentukan karakter siswa yang tidak hanya menekankan pada pemahamannya saja melainkandiwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tujuan pendidikan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Apa tujuan kurikulum sekolah alam dalampembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso?, 2) Bagaimana materi kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam InsanCendekia Bondowoso?, 3) Bagaimana metode kurikulum sekolah alam dalam pembentukankarakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso?, 4) Bagaimana organisasi kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso?, 5) Bagaimana evaluasi kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan tujuan kurikulum sekolah alam dalampembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso,2) mendeskripsikanmateri kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam InsanCendekia Bondowoso, 3) mendeskripsikan metode kurikulum sekolah alam dalam pembentukankarakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso, 4) mendeskripsikan organisasi kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso, 5) mendeskripsikan evaluasi kurikulum sekolah alam dalam pembentukan karakter siswa di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso. Untuk mengidentifikasi fokus penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman, yakni, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakantriangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah:1) tujuan kurikulum ini memberikan konsep merdeka belajar dalam menggali potensi bakat dan minat siswa, meningkatkankualitas siswa dalam berakhlak mulia, mencetak jiwa kepemimpinan siswa, 2) materi kurikulum ini memadukan kurikulum 2013 dengan tambahan muatan lokal dari sekolah alam meliputi akhlak, bakat, seni, lingkungan dan logika, 3) metode kurikulum ini lebih banyak menggunakan actionlearning ‘belajar bersama alam’, 4) organisasi kurikulum ini berbentuk program semester denganmodel Spider Web, 5) evaluasi kurikulum terkait dengan pelaksanaan kurikulum dalam hal tujuandan materi kurikulum di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso masih berjalan dengan baikyakni sesuai dengan visi dan misi sekolah, evaluasi kurikulum terkait program penilaian meliputi evaluasi formatif melalui lembar kerja siswa (LKS) dan tes lisan, sedangkan evaluasi summatif melalui tes tulis berbentuk Lembar kerja siswa (LKS) Istimewa, serta raport khas sekolah alamsebagai laporan hasil evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 22 Mar 2022 04:52
Last Modified: 22 Mar 2022 04:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item