STUDI LIVING HADIS TRADISI PESTA SHOLAWAT SELAMA BULAN RABIUL AWAL DI DESA GAMBANGAN MAESAN BONDOWOSO

Nabilah, Mahfidzatun (2024) STUDI LIVING HADIS TRADISI PESTA SHOLAWAT SELAMA BULAN RABIUL AWAL DI DESA GAMBANGAN MAESAN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Mahfidzatun Nabilah 2024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Living hadis mengkaji praktik tradisi di masyarakat yang pelaksanaannya merupakan implementasi dari suatu hadis. Indonesia dengan kekayaan budaya juga memiliki banyak tradisi yang diimplementasikan dari hadis salah satunya adalah perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad. Merupakan salah satu perayaan maulid adalah pesta sholawat yang akan dibahas dalam penelitian ini. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pelaksanan pesta sholawat selama Bulan Rabiul Awal di Desa Gambangan Maesan Bondowoso? 2) Bagaimana motivasi pada pelaksanaan pesta sholawat selama Bulan Rabiul Awal di Desa Gambangan Maesan Bondowoso?. Adapun tujuan penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanan pesta sholawat selama Bulan Rabiul Awal di Desa Gambangan Maesan Bondowoso 2) Untuk mendeskripsikan motivasi pada pelaksanaan pesta sholawat selama Bulan Rabiul Awal di Desa Gambangan Maesan Bondowoso.
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data primer diperoleh penulis dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Penulis menganalisis motivasi tradisi pesta sholawat dengan teori tindakan sosial Max Weber.
Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukkan tradisi pesta sholawat terinspirasi dari hadis berkenaan dengan faidah membaca sholawat, dari kecintaan pengasuh pada Nabi dan ketaatan pengasuh pada pesan gurunya dan kegiatan safari maulid. Tradisi pesta sholawat pertama dilaksanakan tahun 2018. Prosesi tradisi pesta sholawat diawali dengan sholat jamaah maghrib dan isya’ lalu pembacaan sholawat dan qosidah pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan istighosah lis}olah}il’a>m, sholawat qiya>m, pembacaan doa, dan ramah tamah. Motivasi pelaksana dan jamaah pesta sholawat cukup beragam. Namun, didominasi oleh tiga jenis alasan yang bersifat rasional nilai, diantaranya 1) Agar mendapat syafaat Nabi kelak 2) Mendapat barokah kiai dan guru 3) Melatih istiqomah dan serta kecintaan kepada Nabi, dan lain-lain. serta yang bersifat rasionalitas instrumental diantaranya 1) Menjadi teladan bagi anak dan murid 2) Memperkenalkan grup hadrah pada masyarakat luas 3) Mendapatkan pengetahuan, dan lain sebagainya. Serta berorientasi pada nilai tradisi masa lampau.
Kata Kunci: Living Hadis, Tradisi Pesta Sholawat, Rabiul Awal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Mahfidzatun Nabilah
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:53
Last Modified: 12 Jun 2024 03:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33138

Actions (login required)

View Item View Item