Mutmainnah, Nafisatul (2024) Kombinasi strategi pembelajaran Model Problem Based Learning dan Project Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar Fiqih Siswa Kelas VII Bustanul Ulum Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahcmad Siddiq Jember.
Text (SK-122-PAI-2024)
Nafisatul Mutmainnah_T20171335.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Agar sebuah pembelajaran dapat disampaikan dengan lebih efektif, maka guru memerlukan sebuah stratetgi pembelajaran yang cocok guna mendukung proses pembelajaran. Strategi pembelajaran berperan sangat penting untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang lebih efektif agar membuat para siswa lebih tertarik.
Fokus penelitiannya adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum (2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran model project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa MTs Bustanul Ulum (3) Bagaiamana penerapan kombinasi strategi pembelajaran model problem based learning dan project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa MTs Bustanul Ulum.
Tujuan penelitiannya yaitu (1)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran model project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum (3)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan kombinasi strategi pembelajaran model problem based learning dan project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum.
Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatannya yaitu kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman & Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik/metode.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) penerapan strategi pembelajaran fiqih model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih kelas VII MTs Bustanul Ulum Bondowoso meliputi a) Mengorientasikan peserta didik, b) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, c)membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, e) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2) Penerapan strategi pembelajaran model project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Bondowoso meliputi a) Menentukan pertanyaan mendasar, b) Menyusun perencanaan proyek/praktek, Menyusun jadwal, c) Memantau siswa dan kemajuan proyek, d) Penilaian hasil, e) Evaluasi pengalaman. (3) Penerapan kombinasi strategi pembelajaran model problem based learning dan project based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII MTS Bustanul Ulum Bondowoso meliputi a) Siswa disajikan dengan pertanyaan-pertanyaan, b) menganalisis pertanyaan dan menghasilkan solusi, c) Siswa merancang desain proyek yang akan dilakukan, d) Siswa menyempurnakan solusi permasalahan melalui bentuk proyek/praktek, e) Siswa mengidentifikasi pertanyaan lanjutan lebih lanjut, f) Siswa mencari data tambahan untuk menjawab pertanyaan.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Problem Based Learning, Project Based Learning
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nafisatul Mutmainnah |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 04:24 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/33159 |
Actions (login required)
View Item |